500 Ribu Wisman Dapat Diskon 50 %

0
363
Turis asing saat tiba di pelabuhan Batamcenter beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Pemerintah Pusat, menyediakan diskon ongkos hingga 50 persen bagi wisatawan mancanegara, yang akan masuk Batam. Namun diskon 50 persen itu untuk yang ada di Singapura dan menyeberang ke Batam. Baik itu wisman negara-negara lain diluar Singapura, namun sedang di Singapura.

Pemberian diskon tiket perjalanan Singapura ke Batam itu, diungkapkan Menteri Parawisata RI, Arief Yahya, Kamis (19/4) di Batam. ”Jangka pendek, program kita akan luncurkan, Visit Wonderful Indonesia. Terutama program diskon untuk wisman berada di Singapura,” katanya.

Program itu bisa digunakan ekspatriat yang ada di Singapura. Termaksud wisman yang saat program berjalan, sedang berada di Singapura. Diskon itu diakui untuk akses feri paling utama. Kemudian ada diskon untuk kegiatan atraktif, seperti untuk golf, akomodasi hotel.

”Tahun ini, target diskon untuk 500 ribu wisman. Penawaran atraktif. Diskon bisa sampai 50 persen,” sambungnya.

Dengan program itu, Batam diharapkan dapat mendorong masuknya wisman ke Kepri. Dimana, target wisman Kepri, disebutnya, sekitar 2,5 juta. Jika target itu terpenuhi, maka target nasional untuk wisman, tidak akan terpenuhi. ”Target wisman di Kepri 2,5 juta. Kalau tidak, maka target nasional tidak tercapai. Nasional 17 juta, tumbuh 20 persen,” imbuhnya.

Langkah yang sama juga sudah dilakukan pemerintah tahun lalu. Dimana, untuk wisman dari Singapura dan Malaysia, diberikan tiket promo sebanyak 100 ribu tiket. Program itu berjalan tahun lalu dan berakhir Februari 2018.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Parawisata Kepri, Buralimar, capaian kedatanga wisman melalui tiket feri yang didiskon terpenuhi. Tiket promosi dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kunjungan wisman lewat Singapura dan Malaysia. ”Yang mengelola tiket promo itu Kemenpar dan beberapa operator kapal. Tapi dikelola satu EO, bekerjasama dengan hotel dan restoran,” imbuhnya.

Untuk target, Dinas Parawisata Kepri, menargetkan wisman, tidak sampai 2,5 juta tahun ini. Untuk mendongkrak parawisata, disiapkan sekitar 110 agenda parawisata Kepri. Sementara dari BP ada sekitar 10 setidaknya.

Sebelumnya, pada tahun 2017, Kementerian Parawisata menggelontorkan dana Rp15 miliar untuk tingkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam-Bintan-Tanjungpinang. Upaya dilakukan melalui program Hot Deals Crossborder. Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asean Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani, tujuan program ini adalah mengisi kursi kapal feri yang banyak kosong.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here