85 Persen Anak Bintan Punya Akta Kelahiran

0
372
Bupati Bintan H Apri Sujadi disaksikan Sekda Adi Prihantara menandatangani sertifikat penghargaan bagi pemerintah pendukung kelahiran gratis, kemarin f-yendi/tanjugnpinang pos

BINTAN – Sampai Oktober 2018, sudah 85 persen anak usai 0-18 tahun di Bintan, sudah memiliki akta kelahiran. Dari pendataan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, saat ini terdata 57.113 anak yang lahir di Bintan.

”Untuk penerbitan akta kelahiran anak usia 0 hingga 18 tahun, sudah mencapai 85 persen dari 57.133 anak itu,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan, kemarin.

Bupati menyampaikan, akta kelahiran anak merupakan kewajiban, dalam rangka pemenuhan kebutuhan administrasi anak. Sehingga dapat memperoleh pelayanan dari pemerintah pada masa mendatang. Justru itu, Pemkab Bintan terus memaksimalkan pelayanan akta kelahiran anak.

Baca Juga :  Telkomsel Salurkan 6 Miliar Donasi Karyawan

”Semuanya, kita sinkronkan dengan program melahirkan gratis, biaya persalinan bagi anak pertama dan kedua di RSUD Bintan, yang terproteksi baik melalui Jampersal maupun Perbup nomor 35 tahun 2016,” jelasnya.

”Kita akan berikan sertifikat penghargaan untuk camat, lurah atau kepala desa yang giat mendukung program ini,” ujarnya.

Dari data Disdukcapil Bintan, cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi masyarakat Bintan pada tahun 2018 ini, mencapai angka 91 persen. Persentase ini, jauh dari yang ditargetkan pemerintah pusat sebesar 85 persen. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here