Absensi Mahasiswa Dikirimkan Melalu SMS Gateway

0
746
KAMPUS-29-Para orantua Maba foto bersama usai mengikuti sosialisasi akademikF-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar sosialisasi akademik kepada orangtua mahasiswa baru (Maba) 2017. Kegiatan itu berlangsung di Auditorium Kampus UMRAH Dompak, Kamis (24/8). Ketua Jurusan Teknik Informatika UMRAH Hendra Kurniawan, M.Sc.Eng menyampaikan, bahwa tujuan sosialisasi tersebut, agar para orangtua Maba mengerti tentang sistem perkuliahan putra-putrinya.

Selain itu, memberikan pengarahan bawa orangtua memiliki aspek terpenting dalam kemajuan pendidikan anak. Yaitu dengan mendortong anak untuk aktif dan bisa mengikuti proses perkuliahaan dengan baik. Harus diketahui, di Indonesia sudah menjadi hal umum ketika orangtua menginginkan anaknya menjadi sarjana, minimal Stara satu (S1). ”Kegiatan sosialisasi seperti ini sangatlah penting dilakukan, karena orangtua berhak mendapatkan informasi perkuliahan yang akan dijalani anak-anaknya kedepan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (29/8).

Baca Juga :  Mahasiswa UMRAH menyelesaikan Misi ENJ Kemenkomar 2019

Menurutnya, banyak juga orangtua yang tidak mengetahui proses perkuliahan yang akan dilakukan anaknya selama dibangku perkuliahan. Untuk membagi informasi tersebut, Jurusan Teknik Informatika menggelar sosialisasi perkuliahan kepada orangtua Maba angkatan 2017. Sebanyak 64 orangtua Maba diundang pada acara tersebut, beserta anak-anaknya yang akan menempuh pendidikan di kampus UMRAH. ”Jadi kita terangkan semua kepada orangtua mahasiswa, terkait peraturan akademik universitas, tahapan-tahapan perkuliahan, profil jurusan, profil mahasiswa dan alumni Teknik Informatika,” ujar Hendra.

Pihaknya juga menerangkan perihal prospek masa depan dan peluang kerja dari lulusan Tekni Informatika, serta peluang-peluang beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa selama perkuliahan. Dengan memberikan trobosan baru melalui pemanfaatan teknologi yaitu akan menyampaikan setiap informasi perkuliahan kepada orangtua mahasiswa melalui Sistem SMS Gateway.

Baca Juga :  Hadirkan Alumni Beri Motivasi

Orangtua akan menerima absensi perkuliahan mahasiswa, status aktif studi dan nilai hasil studi melalui sms yang dikirimkan secara resmi oleh Jurusan Teknik Informatika UMRAH. ”Orangtua akan menerima absensi perkuliahan mahasiswa, status aktif studi dan nilai hasil studi melalui sms yang kami dikirimkan secara resmi,” jelas Hendra.

Pada akhir sesi, diadakan diskusi dan tanya jawab dari seluruh undangan yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan membentuk forum komunikasi orangtua Maba, untuk jurusan Teknik Informatika angkatan 2017diketuai oleh Adi, orang tua dari Jeiran Ramadhani. Menutup acara, mahasiswa berdiri dihadapan orang tua mereka, kemudian mahasiswa diminta untuk memohon maaf kepada orang tua mereka, berjanji akan melaksanakan kuliah dengan baik dan lulus tepat waktu pada tahun 2021. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here