Air Bersih Bakal Melimpah di Pulau Laut

1
1045
LOKASI lapas: Desa di Kabupaten Natuna yang akan dijadikan lokasi pembangunan Lapas oleh pemerintah pusat. f-dokumen/tanjungpinang pos

NATUNA – UNTUK mencukupi kebutuhan air di daerah terdepan, tahun pemerintah pusat mengucurkan anggaran belasan miliar untuk membangun embung air baku seluas 52 hektare (Ha) di Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut.

Tahap awal, pemerintah pusat membangun embung dengan lebar 130 meter dan panjang 600 meter dengan kedalaman 2 hingga 3 meter.

Camat Pulau Laut Sudirman mengatakan, saat ini puluhan alat berat sedang melakukan pengerukan tanah rawa. Pihak kontraktor berharap pekerjaan tahap awal rampung sesuai jadwal.

Selain itu, lahan seluas 52 hektare yang akan dijadikan embung berikut fasilitas pendukung, sepenuhnya lahan itu merupakan hibah dari masyarakat.

Baca Juga :  Kenaikan NJOP Melambung 200 %

”Sambil dilaksanakan pekerjaan, Pemerintah Kecamatan Pulau Laut sedang memproses surat hibah. Saat ini sudah ada 20 hektare yang selesai surat hibahnya,” kata Sudirman, Selasa (16/5).

Demi kepentingan masyarakat, seluruh lahan untuk pembangunan embung diberikan cuma-cuma oleh masyarakat. Bahkan sebagai bentuk dukungan moral, selama proses pekerjaan, masyarakat turut serta mengawasi pekerjaan tersebut.

”Semua ini berkat komunikasi dan koordinasi yang baik antara masyarakat, pemerintah kecamatan dan pihak Satker.
Masyarakat berharap, keberadaan embung menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat.

Baca Juga :  7 Napi Dipindahkan ke Tanjungpinang

Rencananya, keberadaan embung mampu menyuplai air bersih di tiga desa di Kecamatan Pulau Laut. Diantaranya Desa Air Payang, Desa Kadur dan Desa Tanjung Pala.

”Tidak hanya itu, rencananya pipa suplai air akan dipasang menuju pelahuhan Perintis. Dengan harapan, air dapat di suplai ke kapal kapal,” tutupnya.

Rencana pembangunan embung tersebut akan menghilangkan kekhawatiran masyarakat jika memasuki musim kemarau.
Pasalnya, saat memasuki kemarau masyarakat sulit mendapatkan air bersih.

Dengan adanya embung tersebut, ketersedian air baku untuk kebutuhan air minum dan lainnya akan terpenuhi.(HERDIANSYAH)

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here