Air Bersih Dijatah Mengalir Dua Jam

0
586
POMPONG: Pelantar Serkah Tarempa yang menjadi tempat tambat pompong nelayan. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

Listrik Terbatas, Nelayan Sulit Cari Es

ANAMBAS – Kampung nelayan di Desa Keramut, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas membutuhkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas.

Terutama pasokan listrik yang hingga kini, masyarakat Desa Keramut hanya bisa menikmati listrik di malam hari.

Listrik yang menyala ke rumah masyarakat, mulai dari pukul 17.00 hingga pukul 01.00 dinihari. Hal itu juga diperparah dengan terbatasnya ketersedian air baku, untuk kebutuhan air minum serta keperluan hidup sehari-hari.

”Kita sudah sering ajukan ke Pemkab Anambas, agar dapat memberi tambahan mesin untuk pasokan listrik bagi warga. Listrik nyala hanya 6 jam saja, itupun pada malam hari saja,” ungkap Aman, Pjs Kepala Desa Keramut, Selasa (16/5).

Aman menyampaikan, Desa Keramut akan ditingkatkan menjadi ibukota baru yakni Kecamatan Jemaja Barat.

”Air yang mengalir ke setiap rumah warga juga dibagi waktunya, masing- masing mendapat air selama 2 jam. Setelah itu, air tersebut dibagikan lagi ke warga lainnya,” terangnya.

Hal itu dilakukan, karena ketersediaan air di desa tersebut sangat terbatas. Sehingga, cadangan air yang terbatas tidak habis begitu saja.

”Kalau tidak dibatasi, sumber air kami kering. Untuk itu kami harus mensiasati pembagian air selama 2 jam saja,” ungkap Aman.

Seorang warga bernama Karim mengatakan, sejauh ini belum pernah terjadi perkelahian antar warga dalam membutuhkan pasokan air, sebab warga sangat mengerti dengan kondisi yang terjadi. Namun, mereka tetap berharap kepada pemda agar dapat memberi solusi yang terbaik.

”Beberapa tahun yang lalu pemda telah membangun pabrik es di sana, tapi hingga kini belum pernah difungsikan,” ungkap Karim.

Kini masyarakat nelayan rela membeli es di Kota Letung, dengan waktu tempuh satu jam menggunakan kapal pompong.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here