Air PDAM Mati Seharian

0
809
Debit air di waduk Sungai Pulai terus berkurang 3 sentimeter. Kasubag produksi PDAM Tirta Kepri, Budianto (pakai helm) dan Kabag teknik, Tri Wahyu Purnama langsung melihat kondisi ketersedian air baku (2).jpg F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

MBS PDAM di Di perumahan taman pesona asri, jalan sriwijaya sering mati. Seharian ini tidak ada air yang mengalir sama sekali. Tolong solusinya
+6281249083791

Ruko Tak Ada Air Bersih
Kepada PDAM saya mau tanya. banyak ruko2 baik di kiri dan kanan jalan tak dapat air bersih. Kapan kita bisa menikmati air dari PDAM . Dikarenakan air tanah yg ada di daerah tersebut kurang layak untuk di konsumsi. Kami berharap sekali PDAM bisa memahami kesulitan masyarakat . Terimakasih
+6281364720007

Belum Juga Tersambung Air Bersih
Kami belum mendapatkan sambungan baru dg alasan yg bermacam macam padahal udah bertaun-taun terdaftar di pdam mohon di bantu
+6285668230693

Tak Dilayani PDAM
MBS. PDAM, kami sudah mengajukan pengaduan pelanggan pada 12 Maret dan dijaniikan dalam 10 hari selesai, .ternyata sampai saat ini belum juga dikerjakan. usaha warung kopi tidak bisa buka karena tidak ada air. Mohon pihak PDAM memperbaiki kinerjanya.
082288925333

TANGGAPAN :

Daftar tunggu pelanggan PDAM masih tinggi karena PDAM belum bisa menaikan produksi air karena bahan baku sangat terbatas. Saat ini ada sekitar 6000 pelanggan yang amsuk daftar tunggu.
Meski hujan sempat turun belakangan ini, namun penambahan debit air di Waduk Sei Pulai belum signifikan. Padahal ini waduk utama di Tanjungpinang.
Stok air baku di Waduk Sei Pulai hingga, tinggal 119 Cm. Air itu akan turun lagi 4-5 Cm jika tidak turun hujan. Ketinggian air akan terus rueun setiap hari.
Karena stok air baku makin menipis, PDAM Tirta Kepri harus menjadwalkan produksi air bersih ke pelanggan. Kini, penjadwalan dilakukan 2 hari hidup, dua hari mati.
Manajemen Pengelolaan Air mengharuskan PDAM melakukan penjadwalan seperti itu. Jika tidak, air di Waduk Sei Pulai bisa tergerus hingga 10 Cm per hari.
Agar isi waduk tidak sampai kering, maka penjadwalan itulah jalan satu-satunya. Kalau tak terjadwal, makin cepat habis isi waduk. Kita belum tahu kapan hujan turun.
Penjadwalan 2 hari hidup dilakukan untuk dua sektor yakni, daerah Batu 10 hingga Batu 5, kemudian Batu 6 hingga Batu 2 sekitarnya. Jika daerah Batu 10-Batu 5 hidup dua hari, maka daerah Batu 6-Batu 2 skeitarnya mati 2 hari. Demikian sebaliknya.
Sedangkan isi Waduk Gesek sekitar 60 Cm lagi. Produksi air dari waduk ini juga sudah dikurangi 12 jam. Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Waduk Gesek hanya memproduksi hingga 30 liter/detik dari awalnya 60 liter per detik.
Jumlah pelanggan yang dilayani dari waduk ini pun sudah dikurangi juga dan dibebankan ke IPA Waduk Sei Pulai.
Meski hujan turun dua hari berturut-turut, debit airnya masih sangat sedikit. Ini karena hujan turun hanya sebentar. Sehingga air hujan hanya membasahi tanah saja.
Mestinya kekeringan air di Waduk Sei Pulai tidak parah seperti ini. Sebab, waduk itu dibangun dengan areal tangkapan air sekitar 750 hektare.
Tapi karena sekarang sudah banyak lokasi serapan air yang rusak. Sudah muncul banyak perkampungan di hutan lindung dan pertanian.
Produksi air bersih dari IPA Waduk Sei Pulai sekitar 170 liter per detik. Harusnya, produksinya tidak sampai segitu. Namun, karena jumlah pelanggan tumbuh terus, akhirnya produksinya dipertahankan.
Saat ini, pelanggan yang dilayani dari IPA Waduk Gesek sekitar 4.500 sambungan dan 12.500 sambungan dilayani dari IPA Sei Pulai. Sedangkan yang masuk daftar tunggu sekitar 6.000-an. (mas)

Wahyu
Kabid Teknik PDAM Tirta Kepri,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here