Akhir Agustus, Gerak Jalan Digelar

2
5154
Seorang bocah duduk di pinggir jalan raya menyaksikan lomba gerak jalan, tahun lalu. f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Gerak jalan Tri Lomba Juang tetap digelar tahun ini. Pemerintah Kota Tanjungpinang mengandeng KONI Tanjungpinang sebagai penyelenggara. Sebelumnya, event tahunan ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga. Dinas Pemuda dan Olahraga hanya dua kali sebagai penyelengara event tahunan ini, terhitung sejak tahun 2016-2017. Selama ini digelar oleh KONI Tanjungpinang.

Untuk jarak 17 kilometer rencananya akan digelar 25 Agustus, 8 kilometer 27 Agustus dan untuk 45 kilometer 29 Agustus. Tempat star dan finis, masih diputuskan oleh KONI Tanjungpinang. Masih dibahas oleh stakeholder. Apakah starnya di terminal Sungai Carang Bintancentre dan finis Tepilaut. Atau staf dan finis di Pulau Dompak.

Terkait hal ini, Sekda Kota Tanjungpinang, Riono menuturkan, pelaksaan lomba gerak jalan atau kini biasa disebut Tri Lomba Juang dipastikan akan dilaksanakan, akhir Agustus ini.

Baca Juga :  Imigrasi Punya Mobil Unit Paspor untuk Orang Sakit

Hanya saja, waktu pelaksanaannya tahun ini, tidak di Dinas Pemuda dan Olahraga, tapi dialihkan ke KONI Tanjungpinang yang dipimpin pensiunan ASN Tanjungpinang, H Adnan.

Riono menuturkan, terkait teknis pelaksanaan tidak jauh berbeda ketika berada di Dispora. Hanya saja, terkait kategori peserta nanti kemungkinan akan dikurangi.

Dari sebelumnya ada empat kini akan menjadi tiga. Di antaranya tingkat pelajar, umum dan intansi. Dari sebelumnya ada khusus TNI-Polri.

”Jadi kategori TNI-Polri masuk ke intansi. Nantinya akan ada kriteria yang disusun khusus TNI-Polri maupun intansi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (6/8).

Ia menuturkan, peralihan pelaksanaan itu, karena anggaran pelaksanaan Tri Lomba Juang tidak dimasukkan di APBD 2018 oleh Dispora Tanjungpinang.

Baca Juga :  Lagi, Dua Pengedar Narkoba Dibekuk

Rencananya, pelaksanaan lomba Tri Lomba Juang akan dilaksanakan, akhir Agustus ini. Kira-kira antara tanggal 25 hingga 29 Agustus mendatang. ”Saya belum terima hasil rapat pelaksanaan lomba gerak jalan. Tapi paling lama akhir Agustus ini,’ tuturnya.

Riono menuturkan, tahun ini, Pemko Tanjungpinang mengibahkan sekitar Rp1,3 miliar untuk KONI. Dana ini bisa digunakan untuk pelaksanaa lomba gerak jalan itu. Dana tersebut juga digunakan untuk persiapan Tanjungpinang tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Kepr atau Porprov.

”Kegiatan di KONI juga sebenarnya banyak, pembinaan, pengembangan olahraga dan pengcab. Tapi kita susun supaya bisa dialihkan juga untuk pelaksanaan lomba gerak jalan,” paparnya.

Disinggung apakah KONI mampu, menurutnya harus mampu. Sebab, dulunya pelaksanaan gerak jalan dulu juga pernah di KONI sebelum dialihkan ke Dispora. ”Kami sudah tanya kesiapannya, Ketua KONI menyatakan mau melaksanakan,” tuturnya.

Baca Juga :  Pas Pelabuhan Bermasalah

Sementara itu, Ketua KONI Kota Tanjungpinang, Adnan mengatakan KONI sudah pengalaman dalam menjadi penyelengara gerak jalan tersebut. Ia mengatakan, KONI Kota Tanjungpinang memang menerima dana hibah dari Pemko Tanjungpinang untuk melaksanakan kegiatan lomba gerak jalan di tahun 2018. Cuma, dirinya belum tahu berapa besaran anggaran yang bakal dihibahkan oleh Pemko Tanjungpinang ke KONI Kota Tanjungpinang, untuk memenuhi kebutuhan kegiatan lomba gerak jalan di tahun 2018 ini.

”Masih dalam pembahasan. Yang jelas akan kita laksanakan. Kemungkinan di akhir bulan Agustus ini,” sebut Adna. (dri/dlp)

Loading...

2 KOMENTAR

  1. Kenapa 45km gak malam minggu saja pak? Soalnya kalo diadakan malam kamis, atau hari sekolah, mereka bisa gak datang sekolah kan?

  2. Assalamualaikum wr wb selamat malam pak
    Saya ada pertanyaan sedikit ni, pak kenapa pelaksaan gerak jalan 45km selalu di undur terus ? Apa sebab ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here