Akhlus dan Kepala Perpustakaan RI Teken MoU

0
644
Prof Syafsir Akhlus

DOMPAK – Saat Rapat Kerja Nasional Forum Kerja Sama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) telah dilakukan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU) antara pihak Perpustakaan Nasional RI dengan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Salah satunya adalah Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang. Kesepahaman bersama ini langsung ditandatangani oleh Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M. (Kepala Perpustakaan Nasional RI) dan Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc. (Rektor UMRAH) selaku pucuk pimpinan masing-masing lembaga.

Prof Akhlus mengatakan, adapun tujuan dari MoU ini adalah sebagai landasan dalam melakukan kerja sama dalam rangka meningkatkan hubungan kelembagaan dalam melaksanakan kegiatan pelayanan, pengembangan dan pembinaan perpustakaan di lingkungan masing-masing lembaga baik itu di UMRAH maupun di Perpustakaan Nasional itu sendiri.

Baca Juga :  Oktober, Terima Mahasiswa Baru

Saat ditanya lebih lanjut mengenai ruang lingkup kesepahaman bersama (MoU) ini, Rektor UMRAH menjawab secara rinci yaitu, pertama, dalam hal pengembangan SDM Perpustakaan UMRAH.

Kedua, ruang lingkup Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ketiga, Pengembangan Pangkalan data Katalog Induk Nasional (KIN) dan repository digital Indonesia OneSearch (IOS).

Keempat, Pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan. Kelima, ruang lingkup pertemuan ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan.

Keenam, Penghimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR), dan yang ketujuh ruang lingkup dalam hal perluasan jejaring perpustakaan baik itu lingkup nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Panorama Bawah Laut Terang

Denny Erfanosa selaku Kepala UPT. Perpustakaan UMRAH membenarkan bahwa telah dilakukannya MoU antara Perpustakaan Nasional RI dengan beberapa PTN salah satunya adalah UMRAH.

”Ya benar, kita baru saja MoU bersama Perpustakaan Nasional yang disejalankan dengan Rapat Kerja Nasional Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) di Pangkal Pinang,” jelas Kepala UPT. Perpustakaan UMRAH ini melalui pesan WhatsApp-nya. Penandatanganan MoU tersebut digelar minggu ketiga Maret lalu. (mas/humas UMRAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here