Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita

0
462
WALIKOTA H Syahrul dan Rustam saat mengikuti senam sehat di acara Hari Kesehatan Nasional ke-54 Tahun di Pamedan, Sabtu (17/11) pagi. F-istimewa

Hari Kesehatan Nasional ke-54 Tahun

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Kota Tanjungpinang menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Lapangan Pamedan Ahmad Yani Tanjungpinang, Sabtu (17/11) pagi. Acaranya, salah satunya senam sehat bersama dengan masyarakat dan pembagian hadiah doorprize dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul yang membuka acara tersebut mengatakan peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengambil tema ”Aku Cinta Sehat”. Acara tersebut juga disejalankan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). ”Germas ini sangat positif dilakukan. Karena kegiatan ini sebagai pendekatan pembangunan kesehatan. Masyarakat sehat, negara kuat,” ujar Syahrul.

Baca Juga :  Limbah Pasar Jadi Kompos dan Pakan

Mantan Wakil Walikota Tanjungpinang menambahkan setiap masyarakat harus menyadari bahwa tantangan di depan semakin berat, semakin luas, dan semakin kompleks. ”Solusi terhadap berbagai permasalahan tentunya memerlukan manajemen yang handal. Dan saya sangat berharap muncul berbagai inovasi baik ditingkatkan pusat, provinsi maupun ditingkat kabupaten/kota, sampai dengan puskesmas guna menyelesaikan berbagai tantangan pembangunan kesehatan yang kita hadapi,” kata Syahrul.

Syahrul menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan kesehatan seperti dari lintas sektor, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, serta pihak lain yang telah mendukung dan berkaloborasi dengan kementerian kesehatan.

Baca Juga :  KPU Mulai Sosialisasikan Tahapan Pilkada

Sementara itu, Kepala Dinkesdalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam, menambahkan tujuan digelarnya acara tersebut sebagai upaya pencegahan penyakit dan promosi kesehatan agar tentunya lebih baik. ”Gerakan masyarakat hidup sehat semakin digalakkan serta Peringatan HKN mendukung pembangunan kesehatan,” ujar Rustam.

Gerakan masyarakat hidup sehat, menurut Rustam juga merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa, dalam membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktifitas bangsa. ”Pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari diri kita sendiri, kemudian keluarga, tatanan masyarakat dan akhirnya seluruh komponen bangsa,” tutup Rustam.

Baca Juga :  Dewan Turun Antar Air ke Pemukiman

Diakhir kegiatan juga dilaksanakan penyerahan hadiah lomba Duta Kesehatan oleh Walikota diantaranya Lomba Duta Germas, Duta Gizi, dan Duta HIV/AIDS. Serta pembagian Doorprize. Acara dihadiri juga oleh Ketua TP PKK Kota Juariah Syahrul, kepala OPD dan tokoh masyarakat. (bas) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here