Anak Kebutuhan Khusus Butuh SLB

0
710
PELAJAR: Pelajar salah satu SD di Kecamatan Siantan Tengah saat dikunjungi pihak pemerintah daerah, belum lama ini. F-dokumen/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Sejumlah anak berkebutuhan khusus di Anambas hingga kini masih belum tertangani dengan baik. Anak-anak tersebut butuh pendidikan khusus, seperti Sekolah Luar Biasa (SLB) dari seluruh tingkatkan. Namun sayangnya, di Anambas belum ada SLTA.

Sehingga, anak-anak berkebutuhan khusus yang ada tidak tersentuh pendidikan khusus. Salah seorang warga Pasir Merah Kelurahan Tarempa Yana mengatakan, jika keponakannya ada yang mengalami keterbelakangan mental.

Sewaktu tinggal di Tanjungpinang, keluarganya bisa menyekolahkan keponakannya tersebut karena sekolahnya juga ada dari segala dari SD hingga ke tingkat selanjutnya.

Tapi setelah semua keluarganya pindah ke Anambas, keponakannya tersebut tidak lagi bisa sekolah karena di Anambas tidak ada SLB.

”Sewaktu belum pindah ke Anambas, anak itu ikut sekolah SLB di Tanjungpinang. Tetapi setelah pindah di Anambas, tidak bisa melanjutkan sekolah karena tak ada sekolahnya,” ungkap Yana, Selasa (3/10).

Ia berharap di Anambas bisa dibangun SLB, sehingga keponakannya itu bisa ikut lagi sekolah seperti biasa. Dirinya yakin bukan hanya keponakannya saja, yang mengalami keterbelakangan mental. Tetapi, masih ada anak-anak lain yang mengalami hal yang sama dan membutuhkan pendidikan yang sesuai.

”Kalau ada sekolahnya, pasti banyak anak berkebutuhan khusus yang masuk sekolah,” terangnya.

Menanggapi hal ini Sekretaris Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas Asiah mengatakan, sebenarnya program pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) sudah memiliki program untuk membangun SLB di tingkat kabupaten/kota yang ada. Ia menyebutkan, pihak pemprov Kepri beberapa waktu lalu sudah menyurati daerah agar menyiapkan lahan untuk pembangunan SLB. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here