Anggaran Rp1,1 Miliar Dikucurkan di Hari Koperasi

0
17

BATAM – Pemerintah Kota Batam, bersama perbankan, mengucurkan dana sekitar Rp1,161 miliar, untuk usaha mikro di Batam. Diharapkan, bantuan dana yang diterima pelaku usaha itu akan mendorong pertumbuhan usaha mikro di Batam. Di mana untuk perputaran dana usaha mikro sendiri, yang dikelola badan layanan umum (BLU) saja diakui, sekitar Rp900 juta per bulan.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Jumat (12/7) saat peringatan Hari Koperasi tingkat kota Batam, usai menyerahkan bantuan dana untuk usaha mikro di Batam. Bantuan dana yang diberikan berasal dari Bank BRI, Bank Riau Kepri dan BLU usaha mikro.

”Dana bergulir itu dikelola BLU, kerja sama dengan BPKP untuk menekan kredit macet. Hari ini dikucurkan lagi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat,” kata Amsakar.

Ditanya terkait pertumbuhan KUR yang beberapa tahun lalu macet pengembalian dari masyarakat, diakui Amsakar, sudah bisa ditekan. Bahkan menurut Amsakar, saat ini, pertumbuhannya luar biasa.

”Per bulan perputarannya Rp900 juta. Kredit macet kita lebih baik dari yang ditetapkan BI. BI menetapkan standarnya 5 persen, kita output-nya 2,7 persen,” beber dia.

Karena itu, Amsakar mengharapkan agar penerima KUR dari UMKM dan Koperasi, bisa memanfaatkan dengan baik.

”Karena itu, kita harapkan bisa dimanfaatkan UMKM dan koperasi dengan baik. Menjadi ruang bagi masyarakat dan juga BLU, untuk mendorong pendapatan kas BLU,” harapnya.

Pada hari itu, dana pinjaman KUR dan dana bergulir tahun 2019 diberikan, untuk beberapa orang, dengan dana maksimal Rp500 juta dan minumum, Rp25 juta dengan total Rp1,161 miliar. Penerimanya, ada Evi Tarigan, dengan jenis usaha kos-kosan dengan plafon pinjaman Rp100 juta. Jeki Rusli Darwin dengan jenis usaha jasa service elektronik, dengan pinjaman 75 juta. Sementara Yulius Brahma, yang memiliki usaha supplier kecap kurma, mendapat pinjaman Rp50 juta.

Kemudian, penerima pinjaman dari bank Riau Kepri, ada tiga orang dengan jenis usaha perikanan. Syafril Hanapi menerima Rp500 juta, Tamia Adelianti menerima 130 juta dan Maswar menerima Rp80 juta.

Sementara penerima pinjaman dari BRI, ada Indiryanti dengan nilai Rp250 juta, Junaidi mendapat Rp200 juta dan Abdul Jalil mendapat Rp200 juta. Untuk Kategori KUR Mikro, ada Dormina Damanik, Agus Suyoto dan Kusman pinjaman Rp25 juta. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here