Angin Kuat, Keberangkatan Ditunda

0
904
BERLAYAR: Penambang pompong tujuan Pulau Penyengat berlayar saat hujan reda.f-raymon/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Para penambang pompong melayani rute Tanjungpinang ke Penyengat begitu sebaliknya, terpaksa ditunda izin perjalanan jika kondisi hujan disertai dengan angin kuat.

Hal ini seperti pantauan Tanjungpinang Pos, Kamis (23/11). Para penambang tidak diberikan izin aktivitas, khawatir ada badai yang mengakibatkan pompong terbalik dan menelan korban jiwa.

Kepala Pos Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Sutrisno mengatakan, pompong yang digunakan penambang masuk kategori kecil, agar aman maka saat hujan disertai angin tadi pagi ditunda keberangkatan.

Penundaan itu dilakukan agar tidak ada musibah yang menimpa para penambang dan juga penumpang. ”Tadi pagi kita tunda keberangkatan pompong menuju Pulau Penyengat karena sejak pagi hujan deras disertai angin. Setelah reda, boleh aktivitas kembali,” katanya.

Baca Juga :  Parkir Sembarang Kendaraan Digembok

Surtino menyebutkan, setiap keberangkatan pompong Penyengat pihaknya selalu mengawasi kini. Apabila cuaca tidak memungkinkan pihaknya melakukan komunikasi kepada penambang agar menunda sampai cuaca reda. Biasanya para penambang juga mengerti.

”Kita selalu berkoordinasi, penundaan keberangkatan itu hal yang wajar agar tak ada musibah yang dulu terjadi kembali,” sebutnya.

Sementara itu, kondisi cuaca pagi itu tidak mempengaruhi keberangkatan dan kedatangan kapal veri tujuan Batam dan pulau lainnya. ”Kita tidak ada menunda keberangkatan kapal, cuaca hujan masih bisa tempuh jenis kapal dengan tujuan antarpulau,” jelasnya.

Baca Juga :  Warga Cari Donatur Pembangunan Musala

Menurutnya, penundaan keberangkatan kapal apabila jarak pandang di bawah 50 mil, hujan beserta angin yang kuat. Kita juga berkoordinasi dengan BMKG. ”Tadi pagi jarak pandang masih normal, apabila tidak terlihat lagi atau sudah memutih semua baru kita tunda keberangkatan,” ujarnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here