Antena Bergeser, Sinyal Jadi Tak Stabil

0
814
SALAH satu tower Telkomsel yang berdiri di Natuna untuk mendukung jaringan 3G dan 4G. Saat ini, sinyal kurang bagus akibat cuaca buruk di Natuna. F-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

Cuaca buruk yang melanda Kabupaten Natuna membuat layanan telekomunikasi mengalami gangguan seperti pada jaringan site tower Radio Link IPLH di Pulau Sabang Mawang atau Lagong, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna.

NATUNA – Gangguan yang terjadi diakibatkan angin kencang itu, menggesernya antena yang mengarah ke Subi. Sehingga, kualitas jaringan Telkomsel menurun atau sinyal menjadi tidak stabil.

”Pada awalnya kita mengira bahwa gangguan jaringan yang terjadi diakibatkan bergesernya antena yang ada di Kecamatan Subi. Namun, ternyata yang mengalami gangguan di Lagong. Jadi pergeseran antena, menyebabkan linknya putus. Hal ini dipertegas oleh tim radio kita dan dipastikan antena pada tower di Lagong atau Sabang Mawang yang mengarah ke Subi bergeser dari posisinya,” kata Andi Suapril, Manager Network Operation PT Telkomsel Batam, dalam percakapan dengan Kadis Kominfo Raja Darmika, Kemarin.

Baca Juga :  Program Pak Malaw Resmi Diterapkan

Andi juga menjelaskan, bahwa pihak teknisinya belum dapat melakukan perbaikan disebabkan faktor cuaca yang masih memburuk.

Untuk itu, dengan kondisi angin yang sangat kencang akan berisiko tinggi bagi teknisi yang bekerja di atas ketinggian pada tower.

”Saat ini belum bisa trouble shooting, tim belum bisa naik ke atas tower karena angin masih sangat kencang dan tentunya sangat berisiko untuk personel yang bekerja di atas ketinggian,” jelas Andi.

Untuk saat ini, servis layanan sinyal 3G dan 4G yang menggunakan transport Radio Link IPLH untuk sementara dikembalikan ke via satelit sampai kondisi memungkinkan buat teknisi untuk melakukan perbaikan.

Baca Juga :  DAK Pendidikan Hanya Rp 3,2 Miliar

Padahal, kondisi jaringan akses internet yang dirasakan lebih meningkat selama ini. Hal itu dikarenakan, sistem operasinya sudah beralih menjadi Radio Link IPLH yang terhubung dari Sambas, Serasan, Subi, Pulau Lagong Sabang Mawang.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here