Apri: Jangan Hanya TKA, Awasi WNI Keluar

0
846
PIMPIN RAPAT: Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup H Dalmasri Syam memimpin rapat Timpora, tentang pembahasan TKA, di Bintan Buyu, Kamis (16/3) pagi kemarin. Kegiatan ini dihadiri Suhendra dari Imigrasi, BIN dan FKPD. F-ISTIMEWA/humas pemkab bintan

BINTANBUYU – Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal masih menjadi topik utama pada saat rapat tertutup Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Bintan, di Kantor Bupati Bintan, Kamis (16/3) kemarin.

Dalam rapat koordinasi itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi turut mengingatkan agar mengawasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang keluar negeri.

Usai rapat tertutup, Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, TKA ilegal sudah menjadi isu nasional. Hal ini harus disikapi secara bijak dan tepat, oleh semua pihak. Sehingga keberadaan TKA ilegal dapat dicegah atau ditindak. Karena, TKA ilegal merugikan negara.

Baca Juga :  Dua Menteri Jadi Saksi Pernikahan Putra Ansar Ahmad

”Kalau TKA bekerja secara ilegal, kita kehilangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sebaliknya, jika sesuai prosedur, keberadaan TKA resmi akan memberikan dampak pemasukan bagi daerah,” jelas H Apri Sujadi, saat memberikan keterangan pers.

Apri Sujadi berharap, Timpora tersu meningkatkan pengawasan TKA di lapangan. Hal ini agar keberadaan orang asing di wilayah Bintan khususnya wilayah Imigrasi Tanjunguban, dapat tertib dan sesuai dengan prosedur.

”Meski demikian, kita jangan sibuk mengurus TKA. Untuk WNI yang keluar negeri, juga perlu diawasi. Jangan sampai ada TKI ilegal,” tambah Apri Sujadi.

Baca Juga :  KNRP dan Relawan Kepri Berlebaran dengan Pengungsi Palestina

Suhendra, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keberadaan Timpora Bintan saat ini. Ia berharap, ke depannya dapat terus bekerja sama dalam menjaga ketertiban keluar-masuk orang asing di Bintan.

”Wilayah kami yang mencakup 3 kecamatan cukup luas. Wilayah Bintan Utara, Seri Kuala Lobam dan Teluk Sebong cukup luas, dan cukup banyak terdapat orang asing. Dengan adanya Timpora, kami dapat bahu membahu mengawasi setiap wilayah di Bintan ini,” sebutnya.

Rakor Timpora dihadiri Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, pimpinan FKPD, kepolisian, Badan Intelijen Negara dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bintan. (fre/aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here