Apri Tak Tahu Soal Estuari Dam Busung

0
189
Bupati Bintab Apri Sujadi dan wakilnya Dalmasri Syam berada di atas kapal bersama warga lainnya.

BINTAN – Bupati Bintan H Apri Sujadi mengaku, tak mengetahui secara rinci, mengenai rencana pembangunan estuari Dam Busung. Justru ia meminta agar disosialisasikan kepada Pemkab Bintan dan masyarakat, mengenai rencana proyek triliunan rupiah itu.

Informasi yang diterima Tanjungpinang Pos, pusat dikabarkan telah mengalokasikan anggaran senilai Rp1,3 triliun melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI untuk pembangunan infrastruktur estuari dam (waduk) Busung.

Estuari dam Busung ini dibangun di Kecamatan Seri Kuala Lobam, dan bakal menenggelamkan enam kampung di kawasan aliran sungai Busung.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menegaskan, belum tahu secara jelas, mengenai rencana proyek besar dari pusat atau melalui BWS ini.

“Pembangunan waduk atau dam Busung?” tanyanya.
“Sampai saat ini belum mendapatkan kejelasannya. Sebaiknya disosialisasikan dulu ke pemerintah daerah dan masyarakat. Jangan tiba-tiba ingin dibangun,” kata H Apri Sujadi saat ditanya mengenai rencana pembangunan proyek estuari dam Busung, Jumat (12/7) kemarin.

Agar tidak muncul persoalan di kemudian hari, ia meminta agar sebelum direalisasikannya pembangunan waduk ini, harus ada kepastian. Mulai dari penyelesaian permasalahan lahan, maupun kebijakan untuk tempat tinggal masyarakat yang terkena dampak dari proyek ini.

“Mengingat, di lahan yang akan dijadikan bendungan atau estuari dam Busung itum terdapat adanya fasilitas pemerintah. Mulai dari sekolah, infrastruktur lainnya, sampai dengan perumahan masyarakat,” jelasnya.

“Kita mendukung adanya pembangunan ini. Namun meminta kepada pihak kementerian, agar lebih jelas. Terutama terkait hak-hak masyarakat. Di sana banyak fasilitas sekolah, sarana umum yang bakal terkena dampak. Ini harus disosialisasikan dulu, kemana arahnya nanti,” sambung H Apri Sujadi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam menyampaikan hal yang sama. Ia pun sudah menerima kekhawatiran masyarakat Bintan di kawasan Busung, mengenai rencana pembangunan estuari dam untuk penyediaan sumber air baku.

“Kami tak tahu seperti apa teknisnya pembangunan itu. Jangan sampai masyarakat dirugikan, itu saja,” demikian wabup. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here