Awe Buka Kebun Anggur dan Lengkeng

0
1003
Bupati Lingga H Alias Wello

Lingga – BUPATI Lingga H Alias Wello menilai, potensi buah-buahan dapat dijadikan komoditi andalan bagi masyarakat Lingga dalam meningkatkan prekonomian. Untuk itu, pihaknya telah membuka kebun buah jambu kristal, jeruk jepang, mangga gendung gincu dan sirsak.

Setelah sukses membawa program 3.000 hektar untuk percetakan sawah di Kabupaten Lingga dari Kementerian Pertanian ini, Awe akan membuka kebun buah anggur dan lengkeng untuk melengkapi impiannya, menjadikan Lingga sebagai sentra buah-buahan berkualitas di Provinsi Kepri.

”Ada sekitar 1,1 juta jiwa penduduk Kota Batam dan total 1,8 juta jiwa penduduk Kepri dapat menjadi pangsa pasar buah asal Lingga nantinya,” kata Alias Wello, kemarin.

Dikatakannya, untuk mewujudkan hal ini, ia telah menandatangani kerja sama penanaman buah anggur dan lengkeng dengan salah satu pengusaha buah ini dari daerah Probolinggo. Kebun anggur di Probolinggo ini telah berhasil menciptakan inovasi buah 50 varitas anggur.

”Di antaranya ada varitas anggur dataran rendah dan buah lengkeng yang cocok ditanam dengan kultur tanah di Lingga,” kata Alias Wello.

Pria yang akrab disapa Awe ini, optimis ke depan Kabupaten Lingga akan menjadi daerah yang maju di bidang pertanian. Dengan menjadi sentra buah dan ditopang dengan pengembangan potensi lain, yang dimiliki ini dapat mewujudkan Lingga Terbilang 2020, mendatang.

”Tentunya keberhasilan tidak akan pernah diperoleh tanoa dukungan seluruh unsur masyarakat Lingga,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here