Ayo Cek Hipertensi, Gratis

0
705
Warga saat ramai-ramai cek Hipertensinya, kemarin.f-istimewa

TANJUNGPINANG – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang menggelar skrining tekanan darah. Kegiatan ini dimulai 25 Mei dan akan berakhir 8 Juni mendatang. Saat pemeriksaan nanti, bila ditemukan penderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi maka petugas langsung dikasih obat secara gratis. Ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia jatuhh 17 Mei lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, mengatakan skrining tekanan darah dilakukan di rumah sakit, Puskesmas, klinik-klinik, tempat dokter praktik maupun kunjungan ke luar fasilitas kesehatan seperti perkantoran, mal atau tempat umum lainnya

Baca Juga :  Berkas Politik Uang MA Dilimpahkan ke Pengadilan

Dinkes juga melibatkan FKTP (Fasilitas kesehatan Tingkat pertama (klinik klinik, dokter praktek, Puskesmas), dan KTL (fasilitas kesehatan tingkat lanjut) yaitu rumah sakit.

Kegiatan tersebut melibatkan 7 Puskesmas dan 30 petugas kesehatan. Tujuan, sambung dia untuk bulan Hipertensi Sedunia. Kata dia, yang boleh cek Hipertensi yakni usia 15 tahun di atas atau usia produktif.

”Kita minta kegiatan ini dimanfaatkan masyarakat. Gratis,” tegasnya.

Sebab, sambung Rustam 1 dari 3 penduduk Usia 18 tahun ke atas mengalami darah tinggi/hipertensi. Hanya 12,9% penderita hipertensi ditemukan oleh tenaga kesehatan namun mirisnya hanya 3,9% yang minum obat. Kondisi ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner (PJK), stoke, gagal jantung dan gagal ginjal

Baca Juga :  Tempati Rumdin Sesuai Arahan BPKP

”Pemeriksaan tensi darah dalam rangka World Hypertension Day,” teasnya.

Sambung dia, tujuannya lainnya, membantu masyarakat khususnya yang berusia 15 tahun ke atas untuk mengetahui tekanan darahnya dan mencegah hipertensi lebih dini. Saat ini kata dia, hipertensi menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang masyarakat perkotaan.

”Pencegahan tentu saja lebih baik dibandingkan mengobati penyakit. Penyakit hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada penderitanya,” ujarnya.

Ditambahkan, penyakit hipertensi dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat, mengendalikan prilaku berisiko dan rajin mengecek kesehatan secara berkala. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan rajin aktifitas fisik dan banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Tidak boleh mengkonsumsi makan yang asin yang berlebihan. Dan, tetap olahraga dan istirahat cukup. (bas) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here