Ayo Laporkan Pungli Penerimaan Bintara Polisi!

0
864
HUT: Kapolda Kepri, Irjen Sambudi Gusdian memimpin apel perayaan HUT ke-12 Polda Kepri, bulan lalu. F-istimewa/humas polda kepri

BATAM – Masyarakat yang ingin mendaftar menjadi anggota polisi diminta untuk melapor jika ada pungutan. Masyarakat diminta tidak tergiur dengan janji manis dari oknum-oknum yang menjanjikan bisa memasukkannya jadi polisi. Pihak kepolisian menegaskan penerimaan polisi tidak ada bayaran.

”Kalau ada yang mengaku bisa membantu memasukkan jadi polisi dan meminta bayaran, silakan lapor. Pungli harus kita hapuskan dalam penerimaan polisi,” tegas Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga.

Diingatkan, tidak ada bayaran yang dipungut dalam penerimaan anggota polisi, kecuali untuk test kesehatan. Sehingga, jika ada yang ketahuan menyuap juga, akan digugurkan.

Baca Juga :  Program RTLH Tak Boleh Nyasar

”Tidak hanya yang menerima suap, tapi yang memberikan suap ajan digugurkan. Pelamar yang ketahuan menyuap, tidak hanya didiskualifikasi, tapi bisa dipenjara,” tegasnya.

Diingatkan, untuk bimbingan dan latihan terhadap calon anggota polisi juga diberikan gratis.

”Tapi untuk test kesehatan, wajib bayar karena menggunakan laboratorium. Kalau pendaftaran, bisa dilihat di tutup pada tanggal 15 April,” bebernya.

Diingatkan, dengan cara yang benar masuk polisi, akan bekerja lebih baik juga saat sudah diterima. Jika melalui jalan yang benar, maka dalam perjalanannya juga tidak akan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pejabat Lama Ingin Perpres 87 Berubah

”Makanya jangan ada yang tergiur janji manis oknum polisi. Tidak ada yang bisa menjamin bisa masuk,” tegasnya lagi.

Tidak ada rekomendasi dari oknum polisi atau oknum lainnya yang berlaku untuk menentukan atau mempengaruhi seorang calon anggota polisi bisa diterima. Polda Kepri sendiri ditegaskan, memegang prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH).

”Itu prinsip yang kita pegang dan diharap semua bisa menjalaga itu,” imbaunya.

Untuk menjaga proses seleksi dan ujian calon anggota polisi, Polda Kepri melakukan pengawasan ketat.

Baca Juga :  PLN Batam Siapkan Dua Transmisi Baru

pmbentukan tim pengawas internal, yang didalamnya ada dari Itwasda, Propam dan tim saber pungli. Untuk tim saber, ada dari ombusman, LSM, media dan lainnya.

”Sehingga proses berjalan dengan lancar dan tidak ada kecurangan,” imbuhnya mengakhiri. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here