Banjir Ganggu Distribusi Air

0
386
PELAJAR saat melintasi jalan yang terendam banjir akibat meluapnya dua sungai yang di Batubi saat hendak pulang dari Desa Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Hujan deras dalam beberapa hari melanda Kabupaten Natuna bukan saja berdampak kepada pemukiman warga, tetapi juga berdampak pada distribusi air milik PDAM Tirta Nusa Natuna.

NATUNA – Akibat genangan air, sejumlah pipa mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga aliran air terhenti hingga beberapa hari.

Dirut PDAM Tirta Nusa Natuna Hendro mengatakan, akibat banjir dan angin kencang sedikitnya ada enam kerusakan parah di jaringan PDAM.

Ia menambahkan, bahwa kerusakan ini tersebar di Gungung Sebayar. ”Pertama sekali kami berharap maklum dari pelanggan atas ketidaknyamanan ini. Jaringan kami rusak karena banjir dan angin,” kata Hendro di tempat kerjanya, Rabu (17/1).

Ia menjelaskan, jenis kerusakan jaringan itu rata-rata terjadi pada pipa induk. Pipa yang pecah karena dihantam air besar dan pohon tumbang, dan sebagian pipa juga tersumbat pasir dan sampah dari gunung.

Selain kerusakan di atas, dampak banjir itu juga mengakibatkan dam milik PDAM dipenuhi oleh sampah hutan dan gunung.

”Tapi Alhamdulillah, dari enam kerusakan itu sudah ada tiga yang berhasil kami perbaiki. Sekarang kita masih melakukan perbaikan secara intens. Sebagian besar personel kita kerahkan untuk fokus diperbaikan,” jelasnya.

Untuk kerusakan yang terjadi di Gunung Ranai, PDAM terfokus pada penormalan bak inteke yang dipenuhi sampah dan pasir akibat banjir.

”Mudah-mudahan dalam minggu ini semua upaya perbaikan bisa diselesaikan secara keseluruhan, sehingga semua layanan PDAM normal kembali seperti semula,” harapnya.

Sebelumnya, terjadi pemadaman air di seluruh Ranai akan tetapi sejak hari ini Rabu (17/1) sebagian wilayah layanan PDAM sudah mulai normal kembali.

”Alhamdulillah. Air sudah hidup walaupun kecil tapi lumayan untuk kerja. Sebelumnya, kita mengandalkan air hujan saja yang jumlahnya jauh dari cukup. Mudah-mudahan kondisinya cepat baik,” ujar Eni, seorang warga Ranai.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here