Belum Melapor, Pemangku Adat Resah

0
932
CAGAR BUDAYA: Ketua Komisi I Daeng M Yatir bersama anggota meninjau kawasan cagar budaya makam Bukitbatu, Bintan Buyu yang rusak, baru-baru ini.F-Yendi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – HAMPIR seminggu, pengusaha yang menggusur kawasan cagar budaya komplek makam Bukitbatu, Desa Bintan Buyu belum melapor ke pemerintah. Sementara, sejumlah pemangku adat di Desa Bintan Buyu sudah resah.

”Sampai sekarang, masih senyap. Pengusaha belum ada iktikad baik untuk melapor, tentang penggusuran kawasan cagar budaya komplek makam Bukitbatu itu. Pemangku adat sudah ada yang resah, dan mengadu lagi kepada kami,” kata Daeng M Yatir, Ketua Komisi I DPRD Bintan, Minggu (9/4) kemarin.

Yatir menyampaikan, sebelumnya dewan bersama semua pihak terkait sudah meninjau kawasan cagar budaya komplek makam Bukitbatu, Desa Bintan Buyu itu. Masalah penggusuran dan perusakan cagar budaya itu segera diselesaikan.

Baca Juga :  Bupati Gratiskan Rapid Test bagi Santri

”Tapi, pihak pengusaha malah cuek. Tak ada kabar sampai sekarang. Kami segera buat surat, untuk pemanggilan oknum pengusaha yang menggusur dan merusak cagar budaya itu. Karena, ini sudah melanggar aturan,” tegasnya.

”Kami akan mengadakan pertemuan juga dengan pemangku adat di Desa Bintan Buyu. Karena, Desa Bintan Buyu ditetapkan sebagai desa adat di Kabupaten Bintan,” tambahnya.

Sebelumnya, Komisi I DPRD Bintan meninjau kawasan cagar budaya yang digusur seluas kurang lebih 2 hektare itu, bersama pemerintah desa, tokoh masyarakat, Dispar Bintan, Disbudpora, PMD dan BPD setempat.

Baca Juga :  Distan Klaim Daging di Bintan Sehat

Dalam kesempatan itu, Plt Kades Bintan Buyu Daeng Ibrahim menegaskan, pembuatan batu miring dan penggusuran kawasan cagar budaya itu, tidak ada izin.

”Akibat penggusuran ini, makam bersejarah Sultan Ahmadsyah II terbongkar. Sedangkan pagar cagar budaya komplek makam Bukitbatu ini, rusak. Oknum pengusaha tidak pernah koordinasi dengan warga dan pemerintah desa,” kata Daeng Ibrahim.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here