Benahi Lokasi Lomba

0
631
Lomba jong: Peserta lomba jong saat siap-siap untuk lomba yang digelar di Tanjungsiamang beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

Kota Tanjungpinang boleh berbangga hati karena punya acara rutin lomba Dragon Boat Race di Sungai Carang dan event lain. Tapi saya herankan kenapa lokasinya tak tertata dgn baik kenapa kita harus masuk hutan jalan tanah baru sampai di lokasi yg suasananya sungguh memalukan apakah ini sudah bertaraf nasional Padahal pesertanya dari Negara Malaysia, Singapore, Berunai, Pening aku kata sipoltak si Raja minyak saya harap Pemko Tg Pinang mampu merubah dan menata lokasi itu dgn permanen yang representatif apalagi DBR akan dilaksanakan setiap tahun tentu dapat mendatangkan turis manca Negara dan Lokal. Apa saja program pariwisata yang lain.
+6281314992494

Tanggapan:
Sudah banyak event yang dibuat dan akan terus kita dorong sektor pariwisata. Itu semua sebagai upaya meningkatkan kedatangan wisman ke Kepri. Pada 2018 mendatang kita siapkan sekitar 110 event yang akan digelar sepanjang tahun. Jumlahnya cukup signifikan. Karena pada 2017 ada 80 event.

Baca Juga :  Pulau Bintan Dianaktirikan

event-event ini nanti akan digelar Pemprov Kepri di 7 kabupaten/kota se-Kepri, termasuk dan industri pariwisata seperti pihak hotel, restoran, organisasi pariwisata, organisasi masyarakat event organizer.

110 event ini belum termasuk event yang digelar Badan Pengusahaan (BP) Batam dan event yang digelar Kementerian Pariwisata di Kepri. Mungkin masih ada event lain yang belum disampaikan ke kita.

Kita masih melengkapi rekap Calender of Event Cross Border 2018 di Kepri. Sebagian besar datanya sudah masuk dan sebagian lagi belum. Dari 110-an event tersebut, sebagian sudah ditetapkan jadwalnya baik, hari tanggal dan bulan. Namun, sebagian lagi belum dan kita akan koordinasi lagi dengan penyelenggara.

Kalau jadwal Kemenpar pada tahun 2018 nanti, sekitar 220 event wisata akan digelar 8 provinsi di Indonesia yang masuk dalam Calender of Event Cross Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI.

Baca Juga :  Jangan Jadikan Arena Mesum Terpanjang

Untuk mendukung event tersebut, Kemenpar RI menyiapkan anggaran sekitar Rp 200 miliar. Separuh dari kegiatan itu ada di Kepri. Karena itu, ia akan berusaha agar setengah dari anggaran yang disiapkan Kemenpar RI tersebut bisa masuk ke Kepri.

Hanya saja, anggaran yang disiapkan Kemenpar bukan bentuk uang tunai, namun lebih pada paket promosi dan sosialisasi kegiatan tersebut yang akan dijual di dalam dan luar negeri.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan bantuan dari Kemenpar tersebut adalah, semua event yang akan digelar sudah harus ditetapkan jadwalnya baik hari, tanggal dan bulan serta tidak bisa diubah lagi.

Karena event ini sudah dijual di dalam dan luar negeri. Industri wisata seperti tour and travel juga sudah menjualnya enam bulan sebelum kegiatan dilakukan. Makanya jadwalnya tidak bisa berubah-ubah.

Baca Juga :  Kampung Pariwisata

Event ini akan menambah jumlah wisatawan yang datang ke Kepri tahun depan. Sebab, sesuai hasil studi yang dilakukan Kemenpar RI, event yang digelar cukup membantu dan menarik wisman.

Bukan hanya destinasi wisata yang membuat turis datang, namun event juga sangat membantu. Makanya, Kemenpar RI sudah mendata dan me-launching ada 100 event program unggulan wisata se-Indonesia tahun depan dan dari Kepri ada 6 event.

Berdasarkan riset Kemenpar tersebut, turis menyukai event berupa musik, sport tourism, kuliner, cultur (budaya) dan lainnya. Sport tourism yang disukai turis seperti Triathlon, Tour de Bintan dan lainnya. Untuk musik, seperti acara musik yang mendatangkan artis Jakarta. Untuk culture tourism seperti karnaval. (mas)

Buralimar
Kadispar Pemprov Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here