Berharap KKN Dapat Memenuhi Harapan Masyarakat

0
341
MAHASISWI STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang berfoto di Pelabuhan Letung sebelum berangkat ke Pulau Bintan menggunakan KM Bukit Raya, Selasa (27/8). f-istimewa

ANAMBAS – Pihak kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Tanjungpinang berharap, program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) sesuai harapan masyarakat desa.

Selama 40 hari lebih, mahasiswa Stisipol Raja Haji telah selesai melaksanakan KKN di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bahkan, KKN kali ini merupakan pertama kalinya bagi civitas akademi kampus STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang melaksanakan KKN ke Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ada pun peserta KKN sebanyak 164 mahasiswa/i, dari tiga Program studi (Prodi).

Dengan rincian, 64 mahasiswa Prodi Administrasi Publik, 53 mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan dan 47 mahasiswa Prodi Sosiologi.

Rombongan mahasiswa/i STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang telah tiba di Tanjungpinang melalui Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Rabu (28/8) dini hari.

Mahasiswa/i melakukan perjalanan pulang menggunakan kapal Pelni KM Bukit Raya dan bertolak dari Pelabuhan Letung.

Ketua STISIPOL Raja Haji Endri Sanopaka MPM mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dan segenap masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas.

Terkhusus, masyarakat yang berada di Pulau Jemaja yang menjadi lokasi perdana KKN STISIPOL Raja Haji tahun 2019 ini.

”Saya mewakili kampus STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang mengucapkan beribu terima kasih. Karena telah berkenan menerima dan membimbing mahasiswa-mahasiswi kami, selama berada disana dalam rangka belajar secara langsung dengan masyarakat. Tujuannya, agar diperoleh sebuah proses pengalaman pembelajaran selama KKN,” kata Endri, Rabu (28/8).

Endri berharap, tentunya kesan baik dari keberadaan mahasiswa/i STISIPOL Raja Haji selama KKN di Pulau Jemaja.

Dengan demikian, mahasiswa/i dapat merasakan hidup berdampingan dengan masyarakat desa di lokasi KKN dan membantu menyelesaikan segala persoalan yang ada.

Sebab, KKN merupakan pengabdian kepada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

”Insya Allah tahun depan, pelaksanaan KKN STISIPOL Raja Haji akan kembali dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kami dari pihak kampus, tentunya berharap selalu memenuhi harapan masyarakat dan Pemerintah Desa di Kabupaten Kepulauan Anambas,” ungkap Endri.

Ketua pelaksana KKN STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang, Raja Abu Mansyur mengatakan, sebelumnya mahasiswa melaksanakan pegabdian di Natuna.

Untuk tahun ini, lanjut Abu, lokasinya berubah dan pihaknya menyetujui di Kabupaten Kepulauan Anambas dan pertama kali.

”Tahun ini kami melaksanakan KKN di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas. Tepatnya di Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur.

Dituturkannya, 164 mahasiswa mempraktekkan ilmu pengetahuan, yang didapatkan selama kuliah. Sesuai dengan tema membangun masyarakat pesisir melalui pemberdayaan masyarakat,” ungkap Raja Abu Mansyur, di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang yang turut mengawasi mahasiswanya di lokasi KKN.

Abu menambahakan, KKN dilaksanakan di 9 lokasi yaitu tepatnya Kelurahan Letung, Desa Landak, Desa Mampok, Desa Rewak, Desa Batu Berapit, Desa Bukit Padi, Desa Genting Pulur, Desa Ulu Maras dan Desa Kuala Maras. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here