Berikan Alat Tangkap Gratis

0
476
BUPATI Bintan H Apri Sujadi secara simbolis menyerahkan bantuan alat tangkap kepada nelayan, di Desa Pengujan, Kamis (15/11). f-Jendaras/tanjungpinang pos

SERATUSAN nelayan Bintan menerima bantuan alat tangkap gratis dan sarana produksi budi daya ikan, dari Pemkab Bintan, Kamis (15/11) kemarin. Penyerahan secara simbolis bantuan gratis itu dilakukan oleh Bupati Bintan H Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam dan Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepri Dr Asri Agung Putra SH MH.

BINTAN – Penyerahkan secara simbolis bantuan kapal motor dan perlengkapan tangkap ikan serta sarana produksi budi daya ikan ini dilakukan Kampung Selat Bintan, Desa Pengujan, Teluk Bintan. Bantuan kapal motor dan perlengkapan tangkap ikan tersebut berasal dari anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus) dan APBD 2018 Bintan.

Bantuan berupa 40 unit kapal motor 1,4 GT, 2,1 GT, 3,1 GT, 1 paket bioflok dan tempat budi daya lele, 1 paket sarana produksi budi daya perikanan laut, 7 paket sarana produksi budi daya ikan air tawar, bantuan pallet ikan 1.000 kilogram, pallet ikan air tawar 6.300 kilogram, benih kerapu, serta penyerahan asuransi nelayan. Penyerahan bantuan ini dilakukan bupati, wabup dan Kajati dalam kondisi diguyur hujan deras.

Baca Juga :  Siapkan Berkas, Roby Optimis Tingkat Partisipasi Pilkada Mencapai Target

Kepada masyarakat Desa Pengujan dan nelayan penerima bantuan, H Apri Sujadi mengingatkan, bantuan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan jangan diperjualbelikan. Ia berpesan, para nelayan yang mendapatkan bantuan dapat meningkatkan pendapatan dan memberikan kontribusi kepada nelayan lainnya.

”Pemberian kapal ini harus dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan. Tidak hanya berhenti di sini saja, kami akan memberikan bantuan lagi ke depannya sesuai dengan kebutuhan nelayan,” sebutnya.

Kajati Kepri Asri Agung Putra menyampaikan, potensi perikanan dan kelautan di Bintan sangat besar dan perlu dikembangkan. Luas wilayah perairan yang mencapai 97 persen harus mempu memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat.

Baca Juga :  Lagi, Bupati Dapat Penghargaan Kemenkumham

”Saya sangat setuju dengan adanya Tempat Pelelangan Ikan di Bintan. Karena selama 3 tahun bertugas di Kepri, saya belum pernah melihat tempat tersebut. Padahal potensi perikanan Kepri sangat besar,” sebutnya.

Tidak hanya potensi perikanan saja, keberadaan nelayan dan semakin banyaknya kapal nelayan di laut pastinya akan membantu pengawasan terhadap aksi kejahatan dan pencurian ikan di laut Indonesia. Karena selama ini banyak kasus pencurian ikan yang masuk ke wilayah kerja Kejaksaan Tinggi Kepri.

”Kalau nelayannya banyak di laut, pasti kan mereka akan menjaga laut. Artinya mereka juga turut mencegah terjadinya kejahatan dan pelanggaran. Ini lebih baik bila dibandingkan sisi penindakan. Kami juga yakin, dari laut akan banyak potensi pendapatan. Karena ada rekening ASN di Kepri yang memiliki nilai Rp 1,4 triliun, yang berkaitan dengan aktivitas usaha di laut,” jelasnya. (JENDARAS-YENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here