Bhabinkamtibmas Jadi Andalan buat Pengamanan Pilkada

0
260
Kapolsek Kijang AKP Krisna Ramadhani Yowa didampingi Kanit Intelkam Iptu Ngatno memberikan penjelasan tentang Pilkada 2020 Bintan, di sela basembang becerite dengan insan pers, di Kedaikopi Jembatan Kampung Kolam, Bintan Timur, Rabu (13/11) kemarin.

Basembang Becerite Kapolsek Bintim dengan Insan Pers

BINTAN – Kapolsek Bintan Timur AKP Krisna Ramadhani Yowa, saat ini, mungkin masih bisa nyantai. Tapi, saat pengamanan Pilkada 2020 nanti, Kapolsek harus kerja ekstra dan mengandalkan Bhabinkamtibmas, guna mengawasi di tiga kecamatan. Personelnya, terbatas lagi.

AKP Krisna Ramadhani Yowa baru saja menjabat sebagai Kapolsek Kijang, Bintan Timur. Jabatan lama sebagai Kasat Lantas Polres Tanjungpinang, sudah ditinggalkannya. Rabu (13/11) pagi kemarin, Krisna bersilaturahmi dengan insan pers di Kedai Kopi Jembatan, Kampung Kolam, Kijang, Kecamatan Bintan Timur. Ia didampingi Kanit Intelkam Polsek Bintan Timur Iptu Ngatno, anggota Humas Polsek Kijang Bripka Teddy Saputra dan sejumlah personel lainnya.

“Kalau dibandingkan jadi Kasat Lantas di Polres Tanjungpinang, sekarang mungkin sedikit nyantai. Tapi, daerah rawan di wilayah Polsek Kijang ini, cukup luas. Bayangin, kita harus memantau Kecamatan Bintim, Bintan Pesisir sampai Pulau Mapur, dan Kecamatan Mantang,” kata Krisna, di depan insan pers.

Krisna mengungkapkan hal ini, bukan berarti curhat kepada wartawan. Tapi, Kapolsek sengaja membikin pertemuan basembang becerite atau mengobrol santai tentang Kamtibmas ini, dengan insan pers. Dengan basembang becerite ini, Krisna mengharapkan terjalinnya sinergitas antara kepolisian dengan wartawan, yang ada di Bintan.

Paling tidak, Kapolsek dan insan pers akan saling berbagi informasi, serta memberikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan fakta. Maklum, dengan era digital dan maraknya media sosial di zaman now, terkadang berita hoax akan menyulut konflik. Justru itu, Krisna mengharapkan agar insan pers tidak menyampaikan berita bohong.

“Jika ada informasi atau peristiwa yang berkaitan dengan Kamtibmas atau yang berhubungan dengan aparat kepolisian, sebaiknya dikonfirmasi dulu. Kegiatan ini untuk silaturahmi. Karena, wartawan perlu berita dari kepolisian. Kita pun perlu wartawan untuk menyampaikan berita,” harap Krisna.

Tak hanya soal tindak kriminal biasa, maupun kerawanan konflik dan tindakan pelanggaran hukum lainnya yang dibicarakan Kapolsek. Krisna juga menyinggung tentang Kamtibmas dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Bintan.

Saat ini, pihak Polsek Kijang mulai mempersiapkan personel, untuk pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2020 ini. Setiap tahapan, pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan PPK sebagai penyelenggara dari perpanjangan tangan KPU, maupun dari pengawas kecamatan (Panwascam). Sehingga, jika ada perubahan DPT maupun TPS, akan diketahui sejak dini. Sebab, hal ini berkaitan langsung dengan masyarakat.

Dari koordinasi itu, pihak kepolisian bisa merencanakan dan membuat pola pengamanan, agar Pilkada 2020 berlangsung aman, damai, lancar dan sukses. Tugas ini cukup berat, karena wilayah Polsek Kijang sangat luas. Untuk menjangkau Bintan Pesisir dan Mantang, terkendala akses transportasi.

“Intinya, bagaimana kami dari pihak kepolisian, akan selalu berada di tengah warga. Polisi bersama masyarakat akan saling membahu dalam menjaga Kamtibmas, serta menyukseskan Pilkada itu. Ya, Bhabinkamtibas yang jadi andalan untuk pengamanan dan kesuksesan Pilkada itu,” demikian penuturan AKP Krisna Ramadhani Yowa.(fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here