Bintan Terbaik Ketiga Nasional

0
616
BUPATI Bintan H Apri Sujadi mengajukan pertanyaan kuis berhadiah kepada pelajar pulau dan pesisir, Kamis (3/5).f-istimewa

Penghargaan ISNA Kategori Smart Governance 2018

BINTAN – PEMERINTAH Kabupaten Bintan terpilih sebagai kabupaten terbaik ketiga nasional, meraih penghargaan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018, untuk kategori Smart Governance, atau pemerintahan pintar. Bupati Bintan H Apri Sujadi bangga, atas penghargaan nasional dari pelayanan pemerintahan dan pembangunan tersebut.

Pemberian penghargaan ISNA untuk kategori Smart Governance kepada Pemkab Bintan ini, dilakukan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya kepada Bupati Bintan H Apri Sujadi, yang diwakili oleh Kepala BP3D Wan Rudi Iskandar, di Nusantara Hall, ICE-BSD, Tangerang Selatan, Kamis (3/5) sore kemarin. Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di acar pameran Indobuildtech 2018, pameran terbesar di Asia Tenggara di bidang industri konstruksi, arsitektur dan gedung.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota dengan pencapaian terbaik dalam pelaksanaan smart city/smart region sesuai framework yang dikembangkan oleh Citiasia Inc.

Baca Juga :  Mandiri Bintan Maraton, Perputaran Uang Rp27 Miliar

”Penghargaan ISNA 2018 ini dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar di bidang smart city di Indonesia,” ujar H Apri Sujadi, usai berdialog dengan pelajar pesisir, membuka lomba masak menu serba ikan dan B2SA di De Bintan Villa Hotel jalan Lintas Barat Km 34, Teluk Bintan, kemarin.

Parameter penghargaan ini diberikan berdasarkan dari data capaian pembangunan kabupaten dan provinsi di Indonesia, sejak tahun 2014 hingga tahun 2017. Serta berdasarkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah, serta informasi media di nasional. Penghargaan diberikan untuk kategori Smart Readiness, Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Baca Juga :  Pemuda Kembangkan Potensi Offroad di Pengudang

”Alhamdulillah, kita meraih terbaik ketiga nasional dari 500-kabupaten/kota se-Indonesia, dari kategori Smart Governance,” sebut H Apri Sujadi, yang turut dibenarkan oleh Kepala BP3D Bintan Wan Rudi Iskandar, usai menerima penghargaan dari Menpar RI Arief Yahya, yang dihadiri Kementerian Infokom dan jajaran Citiasia Inc dan pakar penilai.

Ajarkan Mengenali Bintan
Selain itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi merasa bangga dengan kecerdasan anak Bintan, dalam mengenali daerah sendiri dan teritorial Indonesia. Hal itu dilihat bupati ketika mengajari anak pulau Kelong dan Bintan Pesisir, bagaimana mengenali daerah Bintan.

Caranya, H Apri Sujadi menantang pelajar untuk menjawab kuis berhadiah. ”Siapa yang berani maju ke depan sini. Ayo naik,” ujar Bupati Bintan.

Beberapa siswa kemudian naik ke atas panggung berbaris sejajar di sebelah kanan bupati. Seorang murid Aldi siswa kelas IV SD itu diminta menyebutkan 4 cara menangkap ikan. ”Pakai bubu, mancing, pakai jaring dan cedok,” ujar Aldi dengan percaya diri.

Baca Juga :  Ben-G Peduli Lingkungan Bersihkan Pantai

”Sebutkan nama pulau yang ada di Indonesia,” lanjut bupati.

”Pulau Kelong, pulau Air Glubi, pulau Mapur dan pulau Numbing,” jawab Aldi dengan cepat.

Meski mengundang tawa, Bupati Bintan H Apri Sujadi bangga, dengan keberanian dan kecerdasan anak Bintan dalam mengenali daerah sendiri (Bintan). ”Mereka yang masih kecil saja mengetahui nama-nama pulau disekitarnya. Itu artinya, mereka peduli pada daerahnya sendiri,” kata H Apri Sujadi. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here