Bisa Buat Paspor Asal Ada Surat Domisili

0
4715
BUAT PASPOR: Warga antre saat buat paspor kantor Imigrasi. F-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) tapi keluaran dari daerah lainnya, masih bisa membuat paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang. Asalkan pemohon bisa melampirkan surat domisili. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Lalulintas Paspor Imigrasi Tatok Sasono, kemarin. ”Mau KTP keluaran mana saja bisa membuat di Tanjungpinang. Syaratnya, harus ada surat domisili yang menyatakan pemohon tinggal di Tanjungpinang, dari perangkat RT atau RW,” katanya Jumat, (11/8).

Menurutnya, sudah ada masyarakat membuat paspor mengunakan surat domisili. Dan, ia juga membeberkan, pembuatan paspor syaratnya cukup mudah. Setelah berkas lengkap, kemudian pemohon melakukan pembayaran melalui bank. ”Surat domisili ini mempermudah warga kita yang tinggal di Tanjungpinang tapi mengantongi KTP luar Tanjungpinang untuk memiliki paspor,” bebernya.

Baca Juga :  TPU Batu 16 Segera Dipaving Blok

Kata dia, dalam pembuatan paspor tiga hari setelah foto dan wawancara, paspor sudah selesai, sebelum melakukan proses wawancara dan foto, pemohon terlebih dahulu melengkapi berkas-berkas yang diperlukan. Berkas yang harus di bawa sebagai persyaratan pembuatan paspor yaitu KTP, Kartu Keluarga (KK), dan ijazah atau akta lahir. ”Jika berkas sudah disiapkan, pemohon bisa langsung melakukan tahapan selanjutnya, yakni wawancara dan foto, biaya pembuatan paspor Rp335 ribu,” tuturnya.

Tatok menjelaskan, dalam pengurusan paspor juga sering ada kendala seperti mati lampu, petir dan gangguan pada sistem. ”Apabila ada kendala bisa satu hari pembuatan paspor molor dari jadwalnya,” ujarnya. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here