BP Batam Siapkan Rp9 Miliar Untuk Kantor Kanpel Kemenhub

0
918
Kantor Kanpel Batam di Batuampar.f-istimewa

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam sedang menyiapkan lahan untuk Kepala Kantor Pelabuhan (Kanpel) Kementerian Perhubungan, yang akan berubah nama menjadi Kesyahbandaran. Ada tiga lokasi layanan yang disediakan. Namun kemungkinan akan dibangun dekat Kanpel BP Batam. BP Batam sendiri menyiapkan dana Rp9 miliar untuk pembangunan kantor itu.

Kepala Kanpel Kemenhub di Batam, B?arlet Silalahi, Kamis (18/1) mengungkapkan jika BP Batam akan menyediakan lahan untuk kantor mereka. ”BP mau kasih kita. Ada tiga lahan kantor ditawarkan BP ke kita. Kita harapkan yang dekat kantor Kanpel BP. Sehingga pengusaha mudah mengurus dokumen. Saat urus dokumen, tidak jauh dari Kanpel BP ke kita,” harapnya.

Baca Juga :  BP Batam Berdayakan SDM Kearsipan

Harapan itu tidak lepas dari keinginan mereka untuk mendorong industri pelayaran lebih maksimal. “Saya pada intinya bagaimana upaya poros maritim tercapai. Ada prinsip yang kita jaga, agar industri pelayaran tetap jalan. Dukungan semua pihak bisa tercapai,” sambungnya.

Terkait perubahan Kanpel menjadi Kesyahbandaran, menurut Barlet tidak perlu persiapan khusus. Alasannya, tugas mereka tidak perubahan. Mereka juga masih menunggu SK menteri, untuk perubahan nama kelembagaan mereka di Batam.

”Ditugas tidak ada berubah. Cuma bajunya aja yang berubah. Kita tetap pada tupoksi sekarang. Tapi kami maksimalkan tugas. Kita sudah sistem online sekarang. Inovasinya pada sistem. Pemindahan kantor, semoga bisa tahun ini, harapnya lagi.

Baca Juga :  CSR PFF Paint untuk Hand Sanitizer se-Kepri

Sementara Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Dwianto Eko Winaryo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lahan untuk Kanpel Kemenhub.? “Kita sudah bicarakan. Kita pahami, kebutuhan Kanpel Kemenhub. Tahun ini, tanpa diminta pak Balret, kita alokasikan Rp9 miliar, untuk membangun disamping Kanpel kami,” ungkap Dwi.

Menurut Dwi, pembangunan akan segera dilakukan jika disetujui Kanpel Kemenhub soal lokasi yang mereka siapkan. ”Kami akan bangunkan. Kalau bapak ini setuju, kami akan mulai bangun tahun ini. Kebetulan saya yang berjanji ke Dirjen, agar memiliki kantor bersama Kanpel. Tapi tergantung mereka, mau bangun dimana. Tapi memang ada tiga alternatif lahan untuk kantor,” imbuh Dwi.(mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here