BPN Imbau Pemilik Tanah Pasang Patok

0
3056
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun ketika menyerahkan sertifikat BPN akhir bulan Januari lalu. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengimbau pemilik lahan, untuk memasang patok sebagai tanda batas antara lahan dengan milik orang lain. Imbauan itu guna memudahkan petugas ketika melakukan pengukuran

”Ada kalanya pemilik lahan dan petugas kesulitan, ketika melakukan pengukuran lahan. Karena pemilik lupa atau kurang ingat batas lahan atau tanah miliknya, sebelum petugas pengukuran datang. Sesama pemilik lahan yang berbatasan langsung bertemu, dan bersama memasang tanda patok sesuai ukuran tanahnya,” kata Susi, Kepala BPN Karimun, Kamis (7/2) kemarin.

Tahun ini, lanjut Susi, BPN akan melaksanakan Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) sangat berbeda dengan prona. Sebab, pengukurannya di lakukan secara sistematis Desa.

Dengan target PTSL 2018 sebanyak 13.000 bidang di Kundur, Durai dan Moro serta 200 bidang untuk di Pulau Karimun. Untuk kemudahan pelaksanaan PTSL, maka pemasangan patok tanah sangat diperlukan.

Ia menambahkan, dengan adanya patok juga mencegah tumpang tindih dan permasalahan tanah. Sehingga, warga diharapkan memanfaatkan PTSL karena pemilik tanah tidak dibebankan biaya atau gratis.

Dengan syarat fotokopi surat alas hak rangkap 5, KTP, KK dan PBB serta materai 6 buah. ”PTSL telah dimulai sejak awal Februari. Ini untuk mencapai target pemberian sertifikat hak milik tanah, atau tanda bukti hak kepada masyarakat sebanyak 13000 tercapai. Pelaksanaan Prona tahun 2017 lalu, dengan masa kerja tidak lebih dari 3 bulan, berhasil menyelesaikan sedikitnya 6000 ribu sertifikat dari 7000 sertifikat,” tambah Susi.

Ia berpesan, kepada Camat, Lurah atau Kepala Desa. Kiranya dapat mensosialisasikan PTSL tahun ini Ini, demi kemudahan atau tertib administrasi pertanahan milik warga. ”Melalui sosialisasi dari Kecamatan, Kelurahan dan Pedesaan sampai tingkat dusun, agar masyarakat tau informasi ini,” tutup Susi. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here