BPNB Teliti Asal Usul Nama Desa

0
997
PENELITI: Seorang peneliti dari BPNB Kepri melihat batu yang tumbuhi pohon hingga menjadi nama sebuah pantai daerah tersebut yakni Panai Batu Berdaun, di Desa Batu Berdaun, di Kecamatan Singkep. f-tengku/tanjungpinang pos

LINGGA – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Lingga menjalin kerja sama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri untuk melakukan beberapa kegiatan penelitian di tahun 2017 ini.

Penelitian itu diantaranya, yakni kajian topomini atau asal usul penamaan sebuah desa, cerita rakyat dan permainan tradisional.
Untuk bidang topomini, akan dilakukan di 75 desa dan kelurahan dari seluruh Kecamatan di Lingga.

”Misalkan untuk Desa Batu Berdaun dari mana asal mulanya dinamakan seperti itu. Kami mendatangi tokoh masyarakat setempat yang mengetahui sejarah tempat itu dinamakan,” kata Dedi Arman, salah seorang peneliti BPNB Kepri, kemarin.

Baca Juga :  Cetak Sawah Dukung Swasembada Beras

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan BPNB Kepri ini sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di Replika Istana Damnah, Kamis (13/4). MoU tersebut ditandatangani Kepala Disbud Lingga M Ishak dan Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto.

Kelanjutan setelah penandatangan itu, selanjutnya dilakukan dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait tiga topik penelitian.

”Nantinya hasil penelitian topomini ini, akan dibukukan dan menjadi pencatatan warisan budaya tak benda di Kabupaten Lingga,” ucapnya.

Topomini sangat penting dalam dukungan untuk penetapan warisan budaya tak benda Indonesia.

Baca Juga :  Tamadun Melayu Ke-II akan Digelar

Hal ini sebagai bentuk penegasan asal usul budaya yang dimiliki dan memberikan informasi lengkap kepada masyarakat Lingga dan seluruh Indonesia. Ini juga untuk menjelaskan tetang asal usul penamaan daerah yang bersangkutan.

”Hasil penelitian nantinya akan dijadikan buku dan dicetak Disbud Lingga. Ini sangat penting untuk masa depan sejarah dan budaya Lingga,” imbuhnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here