Bulan Depan, BPS akan Gelar SP Online

0
162
SUASANA rapat Focus Group Discussion (FGD) bersama OPD dan FKPD terkait Sensus Penduduk bersama pihak BPS Natuna. F-ISTIMEWA

NATUNA – Pemerintah Daerah mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama OPD dan FKPD terkait Pendataan Sensus Penduduk (SP) secara online.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Natuna, Ahmad Chaidir menerangkan, pihaknya akan melaksanakan pendataan Sensus Penduduk (SP) online Kabupaten Natuna tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan pada FGD bersama OPD dan FKPD, di ruang Rapat Lantai dua Kantor Bupati Natuna, dalam rangka tahun 2020 satu data Indonesia, Selasa (21/01) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Ahmad mengajak, seluruh masyarakat Natuna khususnya dapat mengisi SP online pada awal Februari hingga Maret 2020 mendatang.

”Jadi cara mengisi kuesioner SP online secara mandiri, dengan mengakses sensus.bps.go.id. Kemudian menjawab semua pertanyaan dalam kuesioner SP 2020 dengan benar dan jujur,” jelasnya.

Lanjut Ahmad, data SP 2020 tersebut nanti akan memiliki beberapa manfaat bagi daerah seperti tersedianya data kependudukan karakteristiknya, menjadi dasar evaluasi pembangunan Nasional maupun SDM, dan menjadi dasar perencanaan diberbagai bidang.

”Perencanaan berbagai bidang seperti Transportasi, komunikasi, tata ruang dan lingkungan, ketenagakerjaan, perumahan, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Natuna melalui Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Izwar Aspawi, saat membuka resmi kegiatan meminta setiap instansi Pemerintahan Natuna khususnya, dapat membantu pihak Badan Pusat Statistik (BPS) dalam menghimpun data.

Adanya partisipasi oleh instansi dalam memberikan dapat memberikan data tepat waktu.

”Sata berharap ada partisisipasi aktif dari semua instansi dalam menghimpun data diinstansinya. Sehingga 2020 nanti menjadi sebuah data pemerintah, untuk perencanaan dan evaluasi ke depannya,” ujar Izwar mengakhiri. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here