Bupati Minta Menteri Suplai Listrik ke Desa

0
659
Sambut menteri: Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim saat menyambut Menteri ESDM di Karimun . F-alrion/tanjungpinang pos

Karimun – Pemerintah Kabupaten Karimun menyampaikan pengadaan Listrik Tenaga Surya (LTS) untuk di seluruh Desa di Karimun. Kepada Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal itu disampaikan ketika Bupati Karimun Aunur Rafiq bertemu dengan Menteri ESDM Ignatius Jonan belum lama ini.

”Kepada Menteri sudah saya sampaikan langsung tentang persoalan listrik di Kabupaten Karimun, termasuk kondisi masyarakat di Pulau sampai hari ini belum dapat menikmati fasilitas listrik 24 jam karena keterbatasan jaringan dan daya,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Ternyata, Menteri ESDM menyambut baik pengajuan yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Karimun. mentri meminta agar Pemkab karimun membuat proposal dan pengajuan sesuai dengan kebutuhannnya. Pada kunjungan ke 2 nanti pada bulan April akan dipaparkan tentang kondisi listrik di seluruh wilayah Kabupaten Karimun.

LTS akan menjadi program Pemerintah dibidang Listrik Masuk Desa (LMD). Pengajuan tidak hanya untuk kepentingan masyarakat, termasuk kepentingan pendidikan dan keagamaan, karena belum semua sekolah dan tempat ibadah dialiri listrik selama 24 jam. Dengan LTS, kebutuhan listrik akan teratasi. kata Rafiq

Selain mengajukan permohonan pengadaan LTS untuk Desa. Ia berharap sambungan gas dari Batam ke Karimun untuk kebutuhan listrik, sehingga investor tidak perlu meragukan ketika hendak di Karimun. Biaya gas akan lebih murah dibandingkan dengan listrik diesel.

Sesuai dengan kewenangan, Pemerintah Kabupaten Karimun tidak dapat mengadakan jaringan listrik di pemukiman masyarakat, tetapi menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi. Minimnya anggaran dampak dari defisit, hingga pengadaan LTS belum terlaksana.

Desa Tanjung Hutan menjadi salah satu Desa yang sukses merawat LTS untuk kebutuhan Desa. Sehingga masyarakat dapat menikmati fasilitas listrik selama 24 jam. Meskipun biayanya ditanggulangi dengan cara urunan untuk membayar setiap bulan yang gunanya untuk merawat komponen.(Alrion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here