Bupati Optimis Target Kunjungan Tercapai

0
465
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Wabup H Dalmasri Syam tersenyum saat melepas peserta lomba Bintan Triathlon 2018, di pantai Nirwana Gardens, Sabtu (12/5) lalu.f-yendi/tanjungpinang pos

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi optimis bisa mencapai target kunjungan wisatawan asing, pada tahun 2018 ini, sebanyak 400 ribu turis ke Kabupaten Bintan. Selain pelaksanaan iven internasional, kunjungan wisatawan asing ke Bintan juga dipengaruhi daya tarik budaya, panorama alam dan kehadiran kapal pesiar internasional Genting Dreams, Juni mendatang.

”Untuk iven Bintan Triathlon 2018 saja, ada peningkatkan jumlah peserta dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu sekitar 1.000-an peserta. Sekarang 1.300-an peserta dari 49 negara, naik 15 persen dari tahun 2017. Itu jelas menambah tingkat kunjungan di tahun 2018 ini,” kata H Apri Sujadi, usai melepas peserta Bintan Triathlon 2018 di Nirwana Gardens, Lagoi, Bintan, Sabtu (12/5) lalu.

H Apri Sujadi menyebutkan, Bintan Triathlon ini menjadi iven andalan, dalam upaya menambah kunjungan wisatawan asing dari olahraga wisata. Sebagai perbandingan, tahun 2017 lalu, lebih dari 360 ribu turis yang berkunjung ke Bintan. Total mencapai 700 ribuan wisatawan, setelah ditambah dengan jumlah wisatawan lokal, yang berkunjung ke Bintan.

Baca Juga :  Pemkab Order 120 Ribu Masker

”Tahun 2017, target kunjungan turis itu 350 ribu, yang berkunjung mencapai 360 ribuan. Tahun 2018 ini, target kunjungan ke Bintan 400 ribu turis. Saya yakin, bisa mencapai target itu,” tegasnya.

Karena, tambahnya, jumlah kamar di kawasan Lagoi yang sekarang 1.800 kamar, bakal ada penambahan 200 kamar, pada tahun 2018 ini. Kemudian, kapal pesiar internasional Genting Dreams, akan masuk ke Bintan, mulai Juni 2018 mendatang.

”Sekali berlabuh ke Bintan, akan membawa 3 ribu sampai dengan 4 ribuan turis. Sebulan, bisa 3 atau 4 kali berlabuh ke Bintan,” sebutnya.

Baca Juga :  Kader Demokrat Jadi Penyambung Aspirasi

Selain itu, pemerintah pusat juga sudah menetapkan 100 kalender the best event. 7 event di Provinsi Kepri, 3 di antaranya di Kabupaten Bintan. Yaitu lomba triathlon, iron man dan tour de Bintan.

Jika kunjugan wisatawan meningkat, lanjut H Apri Sujadi, Pemkab Bintan juga bisa menerima PAD lebih besar. Untuk Bintan Triathlon 2018 ini saja, diperkirakan lebih dari Rp 20 miliar uang yang beredar, selama tiga hari. Dengan asumsi 1 orang turis menghabiskan uang 1.000 dolar Amerika.

”Kita berharap, agar semua pihak terus turut membantu kami, dalam mengembangkan sektor pariwisata Bintan. Sehingga, kunjungan wisata bisa meningkat terus,” harap H Apri Sujadi, didampingi Wakil Bupati Bintan D Dalmasri Syam.

Baca Juga :  Ribuan Warga Terima Sembako Gratis

Esthy Reko Astuty dari Kemenpar RI mengatakan, pelaksanaan Bintan Triathlon 2018 ini ditangani secara profesional. Ini merupakan event yang ke-14, dan masuk dalam event cross border Indonesia.

”Tahun ini, Bintan ditargetkan 400 ribu kunjungan turis. Kalau melihat event di Bintan, saya rasa bisa dikunjungi 500 ribu turis asing,” ujar Esthy Reko Astuty.

Pembukaan Bintan Triathlon 2018 turut dihadiri Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira, Abdul Wahab, GGM BRC Lagoi, dan sejumlah kepala OPD serta pimpinan FKPD.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here