Camat Ingin Terapkan Program Dasawisma

0
403
Pelaksana Tugas (Plt) Camat Tanjungpinang Timur, Boby Wira Satria.F-ANDRI/TANJUGNPINANG POS

TANJUNGPINANG – Pelaksana Tugas (Plt) Camat Tanjungpinang Timur, Boby Wira Satria akan menerapkan program Dasawisma di lima kelurahan di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Baik itu penerapan di lingkungan Kelurahan Batu IX, Kelurahan Pinang Kencana, Kelurahan Air Raja, Kelurahan Melayu Kota Piring dan Kelurahan Kampung Bulang.

”Saya berharap satu dulu yang diterapkan oleh pihak kelurahan untuk dijadikan daerah percontohan,” kata Boby Wira Satria kepada Tanjungpinang Pos, disela kegiatan perlombaan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Tanjungpinang Timur di halaman kantor berada di Jalan DI Panjaitan, Km 7 Tanjungpinang, Minggu (31/3).

Baca Juga :  Kesadaran Memakai Life Jacket Masih Minim

Boby Wira Satria mengatakan, Dasawisma yang bakal diterapkan di lingkungan RT/RW tersebut. Karena pembinaan Dasawisma ada di pihak kelurahan masing-masing.

Hal ini dalam rangka menumbuhkan setia kawanan sosial di tempat tinggalnya, yang merasa senasib sepenanggungan.

Sambungnya, nanti penerapan program tersebut, Dasawisma membuat jimpitan disetiap 10 rumah Dasawisma di tempat tinggalnya. Jadi, setiap 10 rumah Dasawisma membuat hingga meletakkan satu tong di depan rumahnya masing-masing.

Tong tersebut, bisa berisi beras hingga uang secara suka rela. Nanti, ada petugas Dasawisma yang setiap minggu maupun per bulan mengambil isi tong tersebut.

Baca Juga :  Dewan Minta Stiker Parkir Diterapkan

Isi tong tersebut, bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk uang kas. Karena uang maupun beras yang sudah terkumpul nanti bisa dibagikan ke masyarakat yang sedang tertimpah musibah, atau benar-benar membutuhkan pertolongan dari pihak Dasawisma tersebut.

”Saya akan menyurati kelurahan masing-masing. Agar pihak kelurahan segera menunjuk hingga membentuk Dasawisma di tempatnya,” terang dia.

Kalau sudah berjalan dengan baik, mantan Kepala Bidang (Kabag) Humas dan Protokol Pemko Tanjungpinang ini, berharap kedepan jimpitan yang diterapkan Dasawisma tidak hanya diterapkan disatu wilayah saja. Tapi, jimpitan yang membantu masyarakat membutuhkan bisa menyebar ke daerah lainnya.

Baca Juga :  Developer Nakal Bangun Rumah Tanpa IMB

Artinya, setiap daerah tempat tinggal ada tempat bantuan yang bisa disalurkan untuk masyarakat membutuhkan bantuan dari Dasawisma tersebut.

”Ini yang saya inginkan. Jadi, tidak lagi menjadi tempat percontohan. Tapi, malah menjadi budaya,” harap dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here