Cetak Sawah Dukung Swasembada Beras

0
476
DIRJEN Sarana dan Prasarana Kementan bersama Wabup Lingga saat mengunjung percetakan sawah di desa Resang, kemarin f-istimewa

LINGGA- Wakil Bupati Lingga M Nizar menyebutkan, bahwa program cetak sawah untuk mendukung program swasembada beras. Untuk itu, cetak sawah merupakan salah satu program yang menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga.

Selain itu, program pengembangan pertanian khususnya persawahan merupakan program prioritas untuk mencapai swasembada beras.

”Dengan pengembangan persawahan di Desa Lanjut ini kita berharap mampu mendongkrak produksi beras kita,” kata Nizar saat lakukan kunjungan ke lokasi cetak sawah Desa Lanjut, kemarin.

Ia menjelaskan, Pemkab Lingga akan terus memotivasi warga untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya padi. Sehingga, berbagai program kegiatan telah disiapkan pemerintah untuk hal ini.

Baca Juga :  Awe Luncurkan Gerakan Lingga Menanam Jilid II

”Seperti kita telah programkan, untuk gerakan penanaman bersama pada Februari 2019 mendatang,” ucapnya.

Selain pertanian program perikanan, pariwisata juga menjadi perhatian Pemkab Lingga untuk mewujudkan visi misi menuju Lingga terbilang 2020.

”Program yang telah disusun tidak akan berhasil bila tanpa dukungan masyarakat,” imbuhnya.

Diketahui, 2018 ini Kabupaten Lingga mendapat program cetak sawah seluas 2.000 hektare.

Hal itu disampaikan, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian melakukan kujungan kerja ke Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu.

Kunjungan itu, untuk memastikan penambahan program cetak sawah seluas 2.000 hektare di Kabupaten Lingga berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  Wabup Lingga Serahkan DPA APBD-P 2018

Anggaran cetak sawah seluas 2.000 Hekatare tersebut, masuk dalam DIPA ke-2 lingkup Ditjen PSP dengan nomor surat S-626/AG/2018 yang terbit pada tanggal 9 April 2018.

”Cetak sawah masih diperlukan di Lingga meskipun selama ini kita ketahui masih terdapatkekurangan, khususnya penyediaan irigasi dan alsintan,” kata Dirjen PSP Kementan, Dadih Permana, beberapa waktu lalu.

Cetak sawah di Kabupaten Lingga yang dianggarkan oleh Pemerintah Pusat seluas 2.000 Ha, dimaksudkan untuk menambah luas baku lahan sawah yang sudah ada sebelumnya di Kabupaten Lingga. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here