Ciptakan Akademisi Muslim Berakhlak Mulia

0
975
PENGKADERAN DASAR : Prosesi kegiatan Darul Arqam V pengkaderan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang berlangsung di gedung Muhammadiyah Kilometer 8 atas, kemarin. F-IST/IMM KOTA TANJUNGPINANG

Tanjungpinang – MaHASISWA dari empat kampus mengikuti kegiatan Darul Arqam dasar oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Tanjungpinang.

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Muhammadiyah, Jalan Raja Haji Fisabilillah, Minggu (12/3) siang.

”Kegiatan ini merupakan prosesi pengkaderan yang berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (10/3) lalu, dan ikuti 24 mahasiswa,” jelas Fajri, Ketua pelaksana kegiatan IMM Kota.

Mahasiswa yang mengikuti, di antaranya dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Sina Batam, Politeknik Batam, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah,serta Universitas Maritim Raja Haji (UMRAH).

Baca Juga :  Pejabat Kemenlu Beri Kuliah Umum

Tujuan kegiatan Darul Arqam Dasar IMM untuk menciptakan akademisi muslim yang berakhlak mulia sebagai perwujudan yang ingin IMM lakukan dikancah mahasiswa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Menurutnya, semuanya tidak terlepas dari tiga nilai yang IMM pegang, yaitu religiusitas, humanitas, dan intelektualitas. Fajri menambahkan, seluruh peserta diberikan berbagai pelajaran, mulai dari materi seputar tauhid, kemuhammadiyahan, sampai kepada teknik sidang.

”Kriteria yang diinginkan IMM meliputi seorang muslim, suka mengembangkan potensi diri, dan gemar menuntut ilmu,” jelasnya.

Pengkaderan itu merupakan yang kelima kalinya dilakukan oleh IMM Tanjungpinang, dan setiap tahunnya dilaksanakan dua kali pengkaderan.

Baca Juga :  Mahasiswa dan Masyarakat Gelar Jumat Bersih

Dengan harapan dapat berbuah perbaikan pada internal IMM dan seluruh kader akan diberdayakan sebelum kemudian diterjunkan untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat.

”Kita berdayakan kader-kader untuk membangun internal IMM ini, setelah berjalan nantinya akan turut serta dalam perbaiki kesejahteraan sosial,” ungkapnya.

Ketua DPD IMM Zefri Idham turut hadir pada kegiatan itu mengatakan, Darul Arqam dasar merupakan pintu gerbang untuk menjadi kader IMM.

Pengkaderan itu bertemakan “Membentuk mahasiswa yang militan dan loyalis untuk mewujudkan kader perserikatan umat dan bangsa.

Baca Juga :  Tumbuhkan Revolusi Mental Mahasiswa Stisipol

”Pengkaderan ini salah satu dakwah Amar ma’ruf nahi munkar, yang menjadi tujuan pergerakan Muhammadiyah,” tegasnya.(SHENDY)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here