Cuaca Buruk, Kapal Penumpang Mesti Waspada

0
464
Suasana pelayaran di perairan Tanjungpinang, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kepala Kepolisian Kawasan Pelabuhan Kompol Darmawan mengimbau kepada para nakhoda kapal, baik rute pelayaran dari Tanjungpinang ke Penyengat dan rute sebaliknya, atau rute antar pulau agar tetap waspada saat berlayar.

Sebab, akhir-akhir ini cuaca tidak bersahabat, kadang hujan disertai angin kencang, dan gelombang tinggi. Kadang, cuaca panas. Imbauan ini agar, tidak terjadi tragedi lagi, pada tahun 2016 lalu, terjadi kecelakaan tenggelamnya pompong dari Tanjungpinang ke Penyengat, menewaskan banyak korban.

”Diperairan Tanjungpinang cuaca sekarang tidak menentu, terkadang panas dan tiba-tiba datang hujan, untuk itu kapal yang berlayar untuk tetap waspada dengan cuaca,” katanya, kemarin.

Baca Juga :  Daya Beli Rendah, Banyak Usaha Tutup

Kapolsek mengatakan, untuk saat ini pelayaran di perairan Tanjungpinang masih berjalan normal. Namun, dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah nakhoda diminta untuk tetap waspada.

”Kalau terjadi gelombang besar, kapal yang berlayar kita harapkan berhenti dan berlindung ditempat yang aman,” sebutnya.

Ia menjelaskan, agar para nakhoda tidak memaksakan berlayar saat terjadi angin kencang dan ombak besar. Tunggu saja kondisi cuaca normal baru dilanjutkan berlayar. ”Ini semua demi keselamatan para penumpang dan ABK kapal,” jelasnya.

Lanjutnya, sebelum kapal berangkat berlayar, ia sarankan baiknya berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui cuaca. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here