Daftar Tunggu PDAM Capai 7 Ribu

0
816
PERBAIKI: Pekerja PDAM saat menganti pipa yang bocor f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri belum mampu memenuhi besarnya kebutuhan air bersih di Tanjungpinang.

Ini terbukti dari daftar tunggu dan realisasi yang dimiliki PDAM Tirta Kepri, mulai dari tahun 2012 hingga 2017 ini. Saat ini masih banyak warga belum menikmati air bersih PDAM.

Daftar tunggu pelanggan paa 2012 mencapai 877. Sedangkan, realisasinya hanya 115 sambungan langganan baru. Begitu juga di tahun 2013, daftar tunggu mencapai 677, tapi realisasi hanya 244 sambungan langganan baru. Kemudian, daftar tunggu di tahun 2014 mencapai 5.399, dan 364 sambungan langganan baru. Tahun 2015, daftar tunggu hanya mencapai 1.125, dan realisasi hanya 225 sambungan langganan baru.

Kalau tahun 2016, daftar tunggu hanya mencapai 438, dan realisasinya mencapai 540 sambungan langganan baru. Tahun 2017 ini, daftar tunggu hanya 59, yang realisasi hanya 93 sambungan langganan baru.

”Sisanya, kita terus melakukan pemasangan,” kata Indrayati Bidang Administrasi dan Humas PDAM Tirta Kepri kepada Tanjungpinang Pos, Senin (13/3).

PDAM Tirta Kepri, kata dia, mulai melakukan sambungan langganan baru sejak tahun 2012 hingga saat ini. Karena PDAM perlahan-lahan melakukan pemasangan baru di rumah masyarakat. Sehingga masyarakat bisa menikmati air bersih yang di kelola oleh PDAM Tirta Kepri.

Air bersih yang dikonsumsi masyarakat berasal dari dua tempat. Yakni dari Waduk Gesek dan Sungai Pulai.

Iin panggilan sapanya, dirinya mengklaim kalau tidak ada pelanggan yang komplen ke PDAM Tirta Kepri terkait pemasangan baru. Karena, sebelumnya manajemen PDAM sudah memberikan penjelasan kepada masyarakat, bahwa masih banyak daftar tunggu yang belum di layani sambung baru pipa air bersih.

”Alhamdulillah tidak ada. Merekapun juga ngerti. Tapi, tetap kita sarankan kepada masyarakat tetap mendaftar. Supaya dirinya di masukkan ke daftar tunggu. Kalau tidak, entah kapan akan di pasang,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here