Dana Desa Bukan untuk Kawin

0
885
PENANDATANGAN: Bupati Anambas Abdul Haris menyaksikan penandatanganan fakta integritas untuk Pencegahan perbuatan Tipikor bersama KPK di Anambas, Minggu (23/7).F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

Cegah Korupsi Sejak Dini

ANAMBAS – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Anambas bersama Komisi Pemberantasan Pemilu (KPK) tetap menggelar penandatanganan Fakta Integritas untuk mencegah korupsi, Minggu (23/7). Penandatanganan itu dilakukan oleh Bupati Anambas, dengan seluruh kepala desa (kades) yang ada. Acara itu dinilai sangat efektif, dalam mencegah tindak pidana korupsi sejak dini. Deputi Pencegahan KPK Bidang Pencegahan Korupsi Agung Kusnandar, wakil Ketua II DPRD Amat Yani, serta Inspektur KKA Ody Karyadi, sebanyak 52 kepala desa turut membubuhkan tanda tangan.

Baca Juga :  Uang Negara Rp 7 Miliar Diselamatkan

Deputi Bidang Pencegahan Kurupsi Komisi KPK Agung Kusnandar mengatakan, pihaknya sudah buat komitmen kepada seluruh kepala daerah termasuk juga Gubernur, Bupati dan Walikota untuk berkomitmen mencegah korupsi secara terintegras. Menurutnya, kades harus berkomitmen membangun desa dan menjadi desa yang mandiri. Hal itu sesuai dengan Nawacita Presiden RI Jokowidodo, yang membangun Indonesia dari pinggiran dan desa.

Pemerintah sudah kucurkan dana triliunan untuk itu, mengingat saat ini satu desa mendapatkan anggaran Rp 2 miliar. Agung Mengingatkan, dana desa harus dipergunakan sebaik-baiknya dan jangan sampai presentasi lebih besar untuk honor para perangkat desa. Ia berharap, kades berhati-hati agar uang tersebut tidak seenaknya saja dipakai. ”Kalau di tempat saya, kepala desa kadang-kadang punya istri dua bahkan tiga. Mentang-mentang punya uang banyak, uang tersebut dipakai untuk kawin lagi,” terangnya.

Baca Juga :  Pemda Minta Peningkatan Status Samsat

Untuk itu, setiap pengunaan anggaran desa harus ada pertanggungjawabannya.
Agung menyampaikan, untuk pencegahan korupsi pendekatan secara sistem dibuat suatu rangka yang harus dijalankan seluruh kepala desa agar anggaran tepat sasaran.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here