Danlanud RHF Hadiri Latihan SAR Koarmada I

0
441

BINTAN – Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah menghadiri acara Gelar Pasukan dan Manuver Lapangan (Manlap) Latihan SAR Koarmada I Tahun 2019 yang dilaksanakan di Dermaga Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Kapal Perang TNI AL Mentigi, Tanjung Uban, Selasa (29/10).

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda Muhammad Ali, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan dalam operasi pencarian dan pertolongan di laut.

“Perlu diselenggarakan Latihan Search and Rescue (SAR). Agar mendapat hasil yang optimal dalam mendukung tugas TNI, dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” ungkapnya.

Baca Juga :  FPI Khawatir dengan Penyebaran Paham Komunis

Ia berharap dengan latihan tersebut, para prajurit dapat meningkatkan kemampuannya terutama dalam melakukan penyelamatan dan pertolongan serta mengurangi atau memperkecil dampak kerugian kecelakaan di laut baik personel maupun material.

“Tugas SAR menjadi tanggung jawab bersama, yang merupakan misi kemanusiaan dan memiliki dimensi moral yang tinggi. Hal ini menjadi suatu kebanggan apabila berhasil menyelamatkan personel atau korban,” jelas Muhammad Ali.

Sementara itu, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Kolonel Pnb Andi Wijanarko juga mengapresiasi kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Surau dan Masjid Dapat Perlengkapan Salat dari Polsek Guki

“Dengan adanya Latihan SAR ini, seluruh insan SAR wilayah Kepulauan Riau dapat meningkatkan kemampuannya serta berintegrasi secara kompak dan masif. Sehingga setiap penyelamatan dan penanganan musibah ataupun bencana dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan optimal,” kata Andi Wijanarko.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkoarmada I, Danlantamal IV Tanjungpinang, Danguskamla Provinsi Kepri, Danlanud RHF, Kasrem 033/WP, Dansatrad 213 Tanjungpinang, Asisten I Gubernur Kepulauan riau, Dandim 013/Bintan, Ka Basarnas Tanjungpinang, Kadishub Kabupaten Bintan serta seluruh peserta latihan SAR. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here