Dapat Dana, Tapi SPAM SKL Belum Beroperasi

0
157
SEORANG warga memperhatikan banguan tempat mesin SPAM SKL yang tampak masih terbengkalai dan belum beroperasi, Selasa kemarin. F-jendaras/TANJUNGPINANG POS

SERIKUALALOBAM – Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Kecamatan Seri Kuala Lobam (SKL) dikabarkan mendapat suntikan dana Rp400 juta, dari perubahan APBD (APBD-P) 2018 lalu. Tapi, SPAM ini belum beroperasi dengan kondisi yang memprihatinkan, hingga saat ini.

Di lapangan, kondisi bangunan mesin pompa terlihat rusak, dan tak ada seorang petugas yang berjaga atau bekerja, Selasa (12/3) kemarin. Bahkan, aktivitas mesin pompa air tidak ada. Padahal, tiang dan jaringan listrik sudah terpasang, dan terlihat tanda ada aliran listrik yang siap dipergunakan. Begitu juga di bagian bak air, tidak ada aktivitas. Sementara, pagar yang mengelilingi bangunan pompa air sudah roboh seluruhnya.

Warga Kelurahan Teluklobam mengatakan, pasokan air dari SPAM SKL sudah terhenti sejak 2 tahun lalu. Sejak awal tahun 2019 hingga saat ini, tidak ada air yang mengalir.

”Belum ada airnya yang ngalir. Ini saya baru buka krannya, untuk cek apakah ada airnya. Tapi, memang tidak ada,” kata Mamat, kepada koran ini, Selasa kemarin.

Menurutnya, SPAM SKL hanya mengalir selama setahun, sejak awal mula dioperasikan. Saat ini tidak ada lagi air yang disuplai ke rumah warga.

”Sayang juga kalau sudah disuntik dana oleh pemerintah, tapi belum jalan-jalan juga airnya. Apalagi musim kemarau ini, warga perlu air,” sebutnya.

Sementara itu, Sekcam SKL Anton Hatta Wijaya yang dikonfirmasi belum mengetahui, mengenai kondisi maupun pengoperasian SPAM tersebut.

”Kami akan cek dulu ya, SPAM-nya,” jawab Anton. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here