Dewan dari PKPI Tunggu Putusan Gugatan

0
686
Jurado Siburian

BATAM – ‎Pasca keputusan KPU yang menetapkan PBB dan PKPI gagal sebagai peserta Pemilu 2019, kader partainya di legislatif saat ini, terancam tidak memiliki kendaraan politik di Pemilu 2019 nanti.

Di DPRD Batam, saat ini ada kader partai yang tidak lolos jadi peserta Pemilu, Jurado Siburian dari PKPI. Menyikapi perkembangan politik ini, ia mengaku masih menunggu keputusan pengadilan.

Ditemui usai paripurna DPRD Batam, Senin (19/2), Jurado mengatakan masih tetap komit dengan partainya, PKPI. Alasannya, partainya akan menggugat keputusan KPU terkait dengan peserta Pemilu 2019 melalui Bawaslu.

Baca Juga :  Pemko Minta BP Serahkan Pasar Induk

Setelah gugatan diterima Bawaslu akan melakukan mediasi. Bila tak ada kesepakatan, sengketa diselesaikan dengan tahap pengadilan.

‎Penyelesaian sengketa mengenai penetapan partai politik peserta pemilu sendiri diatur dalam  Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan Bawaslu Nomor 18 Tahun 2017.

Ia menambahkan, ‎bila partai tidak lolos,  kader berhak dan tidak dilarang untuk mendapat kendaraan politik lainnya di Pemilu mendatang.

“Tapi masih ada upaya hukum yang bisa ditunggu. PKPI sudah menggugat KPU lewat Bawaslu,” ungkap Jurado.

Baca Juga :  Rudi Peringati OPD, Jangan Pakai Gaji Honorer

Ia optimis keputusan KPU bisa berubah, karena dinilai ada kesalahan dilakukan KPU. Dengan langkah partainya, Jurado mengambil sikap, tetap setia dengan PKPI dan menunggu keputusan. “Kita tungu sampai April. Kalau tidak salah, keputusannya April ini,” harap anggota Komisi III DPRD Batam ini.

Ditanya jika diputuskan PKPI tetap tidak lolos menjadi peserta Pemilu, Jurado mengaku akan memilih ikut Pemilu lewat partai peserta. Namun dia belum bisa menjelaskan partai yang akan disinggahi. Hanya disebut, dia akan menentukan sikap mengikuti kemauan massa pendukungnya.

Baca Juga :  STQ Diawali Pemberian Mandat Nong Isa

“Tunggu putusan final dulu, ini kan belum final. Tapi beberapa partai siap menerima, mulai kuning, biru, merah. Tergantung masyarakat pendukung. Mereka bilang kemana, saya ikut,” cetusnya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here