Dewan Minta Puskesmas Diubah Jadi BLU

0
475
Puskesmas Sungai Harapan salah satu Puskesmas yang diusulkan jadi BLU.f-istimewa

BATAM – Pemko akan mengkaji rekomendasi DPRD Batam yang disampaikan melalui Pansus LKPJ Wali Kota Batam tahun 2017. Rekomendasi dewan itu, minta agar Puskesmas dijadikan badan layanan umum (BLU), rumah sakit tipe D. Usulan itu berpotensi dijalankan. Namun perubahan status Puskesmas juga bisa mengubah orientasi Puskesmas pada keuntungan.

Menurut Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, walau belum membahas usulan itu, tapi Pemko akan akan membahasnya.

”Kita akan kaji dan dampaknya itu perlu kita cermati. Tapi akan berbahaya juga kalau pelayanan kesehatan berorientasi pada omset. Kalau BLU, jadi komersial. Jadi harus kajian. Tapi terbuka kesitu,” kata Amsakar Selasa (22/5) di Batam.

Baca Juga :  Ditpam BP Bereskan Drainase Cegah Banjir

Dampak perubahan status Puskesmas jadi BLU Rumah Sakit tipe D, pada keuangan. Selain itu, pada orientasi pelayanan yang terpengaruh pada target keuntungan. Selain itu, biaya pengeluaran akan lebih besar untuk pegawai.

”Tata kelola keuangannya nanti langsung di BLU. Tapi kerja dibuat pertanggungjawaban sendiri. Mereka akan mengelola keuangan sendiri. Beda sekarang (Dinkes). Pejabatnya juga dipimpin Direktur,” jelasnnya.

Namun nanti Pemko diakui akan mengkaji usulan itu, termaksud lingkup kerja jika dilakukan perubahan. Termaksud potensi peningkatan pendapatan daerah dari perubahan status akan mereka kaji. ”Kalau memang ada potensi besar, bisa dikelola sendiri. Bisa saja diakomodir,” ulangnya.

Baca Juga :  Pungutan Taksi Pangkalan Mahal

Sebelumnya, Pansus LKPJ Wako Batam mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk ditindaklanjuti Pemko Batam. Sebagaimana disampaikan Ketua Pansus, Riky Indrakari, salah satu rekomendasi terkait usulan perubahan status Puskesmas. ”Merekomendasikan perubahan status Puskesmas menjadi BLUD sebagai persiapan menjadi Rumah Sakit tipe D dalam rangka meningkatkan pelayanan Prima kepada Masyarakat,” kata Riky.(mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here