Dinkes Ajukan 98 Dokter untuk Hinterland

0
243

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana menyebutkan pihaknya sudah mengajukan 98 dokter untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2018. Dokter tersebut akan ditempatkan di daerah hinterland atau pesisir.

DOMPAK – Rencana penempatannya, Dinkes Kepri sudah melakukan maving di tujuh kabupaten/kota di Kepri terutama wilayah hinterland. Sebab, selama ini di Kepri masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) seperti dokter, perawat dan tenaga medis lainnya di Kepri.

”Ke-98 orang CPNS ini, nantinya akan disebar di kabupaten dan kota di Kepri yang masih kekurangan dokter, perawat dan tenaga medis lainnya dan akan ditempatkan di rumah sakit dan puskesmas,” katanya di Tanjungpinang, Rabu (4/7). Pengajuan formasi CPNS ini tambahnya, sudah diajukan ke Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) Kepri.

Kemudian, pengajuan tersebut akan diteruskan oleh Pemprov Kepri ke  Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Ia juga menjelaskan, sebelumnya, BKDSDM Kepri telah memberitahukan akan ada pengajuan formasi CPNS, terutama bagi dinas yang masih kekurangan sumber daya manusia (SDM)-nya. Setelah dilakukan pengecekan di Dinkes Kepri secara menyeluruh, ternyata di Dinkes kekurangan untuk tenaga medis seperti dokter dan perawat.

”Kita sudah ajukan formasi itu sejak pertengahan tahun 2017 lalu. namun penerimaan CPNS hingga saat ini belum ada kepastian. Menurut pihak BKDSDM masih menunggu turunya keputusan dari pusat. Sebab pengajuan yang telah kita ajukan belum disetujui,” ujarnya.

Ia berharap, keputusan penerimaan formasi CPNS di Kepri ini akan secepatnya disetujui pusat, sehingga kekurangan tenaga medis dan lainnya akan bisa dipenuhi. Dengan begitu pelayanan di rumah sakit dan puskesmas di daerah akan tercukupi. ”Yang terpenting tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di daerah terpencil akan tercukupi. Namun, secara keseluruhan saat ini seperti di Natuna, Anambas dan Lingga untuk dokter sudah ada, namun masih perlu tambahan,” katanya.

Pemprov Kepri sebelumnya telah mengajukan uslan penerimaan  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini sebanyak 400 orang.

Dari 400 orang ini diabagi tiga formasi yang dibutuhkan, diantarnya tenaga kesehatan, pengajar dan tenaga administrasi. Namun, hingga saat Kemenpan-RB belum menyetujui dan memastikan kapan akan dibuka untuk Kepri. ”Kita belum dapat memastikan jadwal penerimaan CPNS tahun 2018 ini. Sebab, pengajuan formasi CPNS belum di respon pusat, kita tunggu saja pengumuman resminya dari pemerintah pusat, mudaha kita terima kuota dokter. (SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here