Disiapkan Pengganti Pelabuhan Sipayung

0
640
TINJAU pelabuhan: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat meninjau Pelabuhan Tanjungmoco, Selasa (10/10). f-istimewa/humas dprd kepri

Gubernur Tinjau Dermaga Tanjungmoco

DOMPAK – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi mendukung pembangunan pelabuhan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, khususnya pelabuhan di Tanjungmoco Dompak.

Nurdin menyatakan pembangunan pelabuhan ini akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat.

”Pemerintah Provinsi Kepri sangat berharap agar Kementerian Perhubungan dapat melanjutkan pembangunan pelabuhan ini sesuai rencana semula dilengkapi dengan sarana dan prasarana,” ujar Gubernur saat meninjau pembangunan Pelabuhan Tanjungmoco, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (10/10).

Nurdin melanjutkan, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dan vital untuk mempercepat proses pembangunan. Infrastruktur juga memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Ini mengingat gerak laju dan pertumbuhan ekonomi suatu daerah tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan infrastruktur seperti transportasi, telekomunikasi, sanitasi, dan energi.

Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur ini menjadi fondasi dari pembangunan ekonomi selanjutnya. ”Direncanakan ke depannya pelabuhan bongkar muat yang saat ini berlangsung di km 6 akan dipindahkan ke Tanjungmoco,” tambah Nurdin.

Sebagaimana diketahui proyek pembangunan Pelabuhan Tanjungmoco di Dompak untuk pelabuhan bongkar muat kontainer di kawasan Free Trade Zone (FTZ) Tanjungpinang mulai dibangun sejak tahun 2010 lalu dari penimbunan hingga pembangunan dermaga pelabuhan.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 2013 lalu menggelontorkan dana sebesar Rp 240 miliar untuk Provinsi Kepri. Dana itu dialokasikan untuk membangun fasilitas pelabuhan di sejumlah daerah.

Dari pantauan saat ini belum terlihat lagi ada aktivitas pembangunan lanjutan di lokasi tersebut. Di ujung pelabuhan, masih ada panjangnya kira-kira 50 meter belum dikasih beton.

Masih terlihat besi berdiri tegak berjajar sebagai pondasi pelabuhan. Sebelumnya, pelabuhan ini sering difungsikan aktivitas muat bauksit ke tongkang.

Rencananya, Kemenhub akan melanjutkan pembangunan Pelabuhan Tanjungmoco apabila jalannya sudah kelar dikerjakan. Urusan pembangunan jalan bukanlah di Kemenhub. Hal ini disampaikan Plt Dirjend Hubla Kemenhub saat menerima kunjungan Komisi III DPRD Kepri dan Dishub Kepri belum lama ini di kantornya di Jakarta. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here