DPT Batam Ganda 59 Ribu

0
376
Zaki

KPU Pusat kembali mengintruksikan KPU Kota Batam, agar menghapus daftar pemilih ganda sebanyak 59 ribu pemilih. Walau sebelumnya, DPT sudah dua kali perbaikan dilakukan dan dikirim ke KPU Pusat.

BATAM – Di mana, setelah perbaikan DPT tahap 2, masih ditemukan 59.368 pemilih ganda di Batam. Sehingga setengah dari DPT HP 2 itu akan dikurangi, karena ganda. Dari data yang diterima, Selasa (27/11) di Batam dari sumber di KPU, jumlah pemilih ganda terbesar di Sekupang, sebanyak 10.328 orang. Diikuti dengan Kecamatan Batam Kota, 9.891 orang dan di Sagulung, 9.765 orang. Sementara di Batuaji 4.326 orang.

Baca Juga :  Panwaslu Minta ASN Netral di Pilwako

Di Kecamatan Batuampar juga ditemukan 4.860, di Belakang Padang 1.068 orang. Di Bengkong ditemukan DPT ganda 3.641 orang, Bulang 463 orang, Galang 1.050, Lubuk Baja 4.965 orang, Nongsa 4.200 orang, Sei Beduk 4.811 orang.

KPU Batam diberikan waktu selama satu bulan atau 30 hari untuk memperbaiki data pemilih itu. Komisionaris KPU Batam, Sudarmadi yang dikonfirmasi membenarkan data pemilih ganda itu. Namun dia tidak bicara banyak, karena diakui sedang pertemuan dengan KPU pusat.

”Bukan pemilih bermasalah, tapi ganda. Nanti akan selesaikan. Nanti ya. Saya masih di Jakarta. Mau pertemuan dengan KPU Pusat,” katanya singkat.

Baca Juga :  KPU Minta Surat Pengunduran Diri Awe dari Kemendagri

Komisionaris KPU Batam lain, Zaki Setiawan, membenarkan kondisi itu. Namun diminta untuk lebih jelas ditanya ke Pokja DPT Sudarmadi. Namun menurutnya, data itu ganda, karena pindah alamat dan didaftarkan kembali sebagai pemilih tambahan.

”Nanti akan disesuaikan dengan data kependudukan yang sebelumnya disampaikan Disduk sebagai DP4. Tapi bukan 59 ribuan itu mau dihapus. Kan double, jadi setengahnya,” kata Zaki.

Diduga, data pemilih yang double itu, merupakan hasil penyempurnan dan tambahan data yang masuk pada DPTHP 2. ”Itu karena kita sudah lakukan perbaikan, tapi ada lagi masuk data saat DPT HP2. Mungkin, itu masuk setelah perbaikan dan masuk sebagai daftar perbaikan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Masa Jabatan KPU Diperpanjang

Terkait dengan peluang perbaikan nanti akan mengurangi jumlah TPS, Zaki tidak menampik. Namun kepastiannya diakui akan diperoleh setelah dilakukan perbaikan DPT lagi. Di mana, setengah dari jumlah DPT ganda akan dihapus.

Sekarang kan ada 2.963 TPS, dengan pemilih 667 ribuan. Kalau berkurang 29 ribu-an, bisa berkurang TPS. Jadi penyempurnaan DPT akan diikuti penyempurnaan TPS,” kata Zaki.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here