Dua Parpol Tak Lengkap, KPU Tolerir Sampai 5 Februari

0
556
KETUA KPU Bintan Wandra Fadillah dan komisioner KPU Bintan, menyaksikan pengurus parpol menandatangani tanda terima hasil verifikasi parpol, Jumat (2/2).F-yendi/TANJUNGPINANG POS

CERUKIJUK – Dua partai politik (parpol) calon kontestan Pemilu Legislatif 2019, dinyatakan belum melengkapi persyaratan, setelah KPU Bintan melakukan verifikasi. KPU Bintan masih mentolerir (toleransi) kepada dua parpol (PBB dan PKPI) ini untuk melengkapi persyaratan, sampai Senin (5/2) pekan depan.

”Setelah kami verifikasi, 12 parpol yang ada di Bintan, itu memenuhi syarat dan lengkap. Tapi yang dua parpol lagi, yaitu PBB dan PKPI, itu tidak lengkap,” sebut Sugianto, anggota KPU Bintan usai penyerahan hasil verfikasi kepada pengurus parpol se-Kabupaten Bintan, di sekretariat KPU Bintan, Ceruk Ijuk, Jumat (2/2) kemarin.

Baca Juga :  Apri Ingin Kota Baru di KEK Segera Terwujud

Untuk PBB, Sugianto menerangkan, jumlah sampling sebaran anggota partai belum memenuhi syarat. Sedangkan PKPI belum ada kantor, pimpinan dan anggota partai tidak ditemui, tidak memiliki data-data lainnya. Sedangkan 12 parpol lainnya, sudah dinyatakan lengkap. Hasil verifikasi sudah diserahkan kepada pengurus. 12 parpol yang lengkap itu antara lain Partai Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PAN, Hanura, PKB, PPP, NasDem, Gerindra, Garuda dan Partai Berkarya.

Ketua KPU Bintan Wandra Fadillah membenarkan hal itu. Dua parpol yang belum memenuhi syarat itu, diberikan toleransi sampai tanggal 5 Februari, untuk melengkapinya. KPU Bintan akan melakukan verifikasi ulang kepada PBB dan PKPI, Selasa (6/2).

Baca Juga :  Biar Aman, Dermaga Semelur Dipagar

”Tanggal 7 Februari, kita plenokan. Jadi, dua parpol itu masih kita tolerir untuk melengkapi syarat, sampai tanggal 5 Februari,” tegas Wandra Fadillah.

Selain hasil verifikasi parpol, KPU Bintan juga menyerahkan draf untuk penataan daerah pemilihan (dapil) kepada pengurus parpol. Dalam draf itu, ada dua opsi pembagian dapil, untuk Pileg 2019 mendatang. Opsi pertama, dapil tetap terdiri dari tiga dapil. Opsi kedua, Bintan akan dibagi menjadi empat dapil.

”Penataan dapil ini, kita lakukan uji publik pada tanggal 8 Februari nanti. Selain parpol, kita undang juga dari Pemkab Bintan, akademisi, tokoh masyarakat, ormas dan sejumlah pihak. Apa pun hasil uji publik nanti, itu kita usulkan ke KPU pusat melalui KPU provinsi,” tambah Wandra Fadillah. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here