Duet Sumbang Suara, Rp58 Juta Mengalir

0
409
lukisan simpul tali yang dilelang, Selasa (2/10) malam. f-raymon/tanjungpinang pos

Upaya Kapolres Dan Dandim Kumpulkan Bantuan Untuk Palu

Berbagai elemen masyarakat Kepri benar-benar ikut merasakan penderitaan warga Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah akibat gempa bumi disusul tsunami yang menimpa masyarakat di sana.

Laporan : RAYMON SANDY, Tanjungpinang

DI berbagai daerah di Kepri, berbagai elemen masyarakat turun ke lapangan untuk mengumpulkan sumbangan sukarela. Bantuan-bantuan yang terkumpul ini nantinya akan disalurkan ke tiga daerah yang mengalami bencana alam tersebut.

Bantuan akan semakin deras nanti setelah Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengeluarkan surat ke kabupaten/kota untuk mengumpulkan bantuan. Selain mengumpulkan bantuan, doa dan Salat Ghaib juga kerap dilakukan di berbagai sudut provinsi ini.

Di Tanjungpinang, selain mahasiswa, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Tanjungpinang, elemen masyarakat lain termasuk TNI-Polri jugamengumpulkan berbagai bantuan dengan cara mereka sendiri. Lantamal IV Tanjungpinang juga melakukan pengumpulan bantuan.

Polres Tanjungpinang dan Kodim 0315 Bintan misalnya menyatu untuk menggalang dana yang digelar di lapangan apel Makodim 0315 Bintan, Selasa (2/10) malam.

Baca Juga :  Alam Kepri Eksotis, Jangan Sia-Siakan

Sebanyak Rp58.100.000 terkumpul malam itu. Sebelumnya Kodim sudah berhasil mengumpulkan 1.490 kardus mie instan untuk disumbangkan kepada para korban.

Penggalangan dana malam itu dilakukan dengan cara yang tidak biasa dengan menyodohkan kotak sumbangan kepada seluruh FKPD Kota Tanjungpinang dan masyarakat yang datang.

Penggalangan dana malam itu cukup unik, yakni dengan cara menampilkan lagu yang dinyanyikan trio sinergitas TNI dan Polri.

Bahkan, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi turut berduet dengan Dandim 0315 Bintan. Ikut juga Wakapolres Tanjungpinang bernyanyi solo yang menambah terkumpulnya sumbangan malam itu.

Selain itu, ada lelang lukisan yang berpola tali membentuk suatu lukisan wajah yang indah dan bervariasi dan nilainya berkisar puluhan juta.

Dandim 0315/Bintan, Letnan Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa mengatakan, malam itu merupakan kegiatan dalam rangka amal, sebagai wujud rasa simpati TNI dan Polri untuk para korban bencana alam gempa dan tsunami di Sulteng.

Baca Juga :  Komunitas Digital Asia Kumpul di Batam

Terkumpulnya bantuan itu terwujud atas sinergitas TNI dan Polri. ”Semua ini terselenggara atas dukungan dari Bapak Kapolres kemudian disambut oleh antusias komponen-komponen masyarakat yang ada di sini,” kata Dandim.

Dandim menyebutkan, bantuan dan dana ini nantinya segera diserahkan dan dikirim melalui angkutan laut dari Lantamal IV Tanjungpinang seperti armada KRI yang akan diberangkatkan ke lokasi bencana.

Ia melanjutkan, bantuan yang akan dikirim nanti bukan itu saja. Namun akan disatukan dengan bantuan yang sudah dikumpulkan Korem 033 Wira Pratama dan Lantamal IV Tanjungpinang.

”Kita ketahui bahwa mereka para korban sangat membutuhkan bantuan makanan. Sehingga kita mengumpulkan ini. Mereka itu saudara-saudara kita juga,” jelasnya lagi.

”Nanti kami akan serahkan melalui angkutan TNI AL. Kebetulan ada rencana armada KRI yang akan berangkat ke lokasi bencana,” sebutnya.

AKBP Ucok Lasdin Silalahi menambahkan, untuk penggalangan dana pada malam itu terkumpul sebanyak Rp58.100.000.

Baca Juga :  Kenes dan Menghibur, Diharapkan Kian Lestari

Ucok mengatakan, sebelum penggalangan bantuan malam itu, Dandim sudah lebih awal mengumpulkan bahan kebutuhan sembako makanan cepat saji sebanyak 1.490 kardus mie instan.

”Donasi dari segenap komponen secara spontan bisa terkumpul sebanyak ini. Menurut saya, ini luar biasa. Tanpa perencanaan yang lama. Pak Dandim punya ide sore tadi dan langsung eksekusi malam ini. Nilainya sangat lumayan,” jelasnya.

Menurutnya, ternyata saudara-saudara dan masyarakat yang ada di Tanjungpinang ini antusias dan peduli dengan sesama yang terkena bencana alam di Sulteng dan daerah lain yang saat ini sedang mengalami musibah.

”Semoga mereka yang ada di sana mendapatkan kekuatan dan kiranya bantuan yang diberikan oleh sinergitas TNI dan Polri ini sedikit dapat meringankan beban mereka. Semoga kondisi mereka cepat pulih. Kita doakan bersama,” pesan Kapolres.***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here