Estuari Dam Busung Tak Jelas

0
1043
Wan Rudi Iskandar

BINTAN – PEMBANGUNAN estuari dam Busung yang pada tahun 2019, belum ada tanda kejelasan realisasinya. Karena, penyusunan anggaran dan program pembangunannya belum ada. Wan Rudi Iskandar, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Bintan mengatakan, rencana pembangunan estuari dam tersebut belum diprioritaskan.

Justru pembangunan waduk Sei Kawal, yang sudah jelas akan diprioritaskan. ”Kalau wewenang pembangunan estuari dam Busung itu, ada di Satker BWS dan Pemprov Kepri. Sampai saat ini, belum ada penyusunan anggarannya ke Pemkab Bintan. Terutama mengenai pembebasan lahan dan penataan pemukiman,” jelas Wan Rudi, Kamis (14/9).

Baca Juga :  Timpora Waspadai Turis Tiongkok dari RHF

Wan Rudi menyampaikan, rencana pembangunan estuari dam Busung memang menjadi target pemerintah pusat. Namun teknis dan waktu pengerjaannya, belum dapat dipastikan. Rencana pembebasan lahannya, juga luas.

Ini perlu sosialisasi dan kepastian pihak mana yang akan melakukan proses ganti rugi lahan. ”Apakah Pemprov atau Pemkab Bintan? Ini yang harus dipastikan. Sampai saat ini, anggaran pembebasan lahan itu belum ada,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk Bintan, di tahun anggaran 2017 dan 2018, akan dilakukan pembebasan lahan. Tapi, pembebasan itu untuk pembangunan Waduk Sei Kawal.(JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here