Faktor Hujan, Harga Sayur Naik

0
1126
MENYUSUN: Pedagang sedang menyusun sayur-mayur yang ada di pasar Bestari Bintancentre yang hendak di jual.F-Andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Hujan terus mengguyur serta cuaca ekstrem seperti ini menyebabkan harga sayur di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen), Tanjungpinang mengalami kenaikan.

Hal ini dikatakan Yudi, salah satu pedagang sayur di Pasar Bestari Bincen saat berbincang kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (26/4).

Ada empat jenis sayur yang mengalami kenaikan harga. Seperti sayur sawi, buncis, gambas dan pare.

”Panen para petani sayur sawi, buncis, gambas dan pare dikebunnya banyak yang gagal. Makanya harganya naik dari biasanya,” kata Yudi.

Saat ini, Yudi menjual sayur jenis sawi mencapai 16 ribu per kilogram (kg). dari sebelumnya Rp 14 ribu atau naik Rp 2 ribu per kilonya.

Baca Juga :  Pengusaha Ditangkap Polisi karena Narkoba

Begitu juga dengan tiga jenis sayur yang mengalami kenaikan sekitar Rp 2 ribu per kg. Yakni sayur gambas, dan pare dari Rp 8 ribu menjadi Rp 10 ribu per kg.

Sedangkan sayur buncis yang dijualnya mencapai Rp 18 ribu dari harga awal hanya Rp 16 ribu per kg.

Berbeda dengan jenis sayur lainnya, seperti kangkung, bayam, dan kacang panjang tidak mengalami kenaikan harga alias tetap. Harga sayur kangkung dan bayam sekitar Rp 10 ribu per kg. Sedangkan sayur Kacang Panjang hanya Rp 8 ribu pe kg.

Baca Juga :  Pemko Tambah Armada Pengumpul Sampah

”Harga timun hanya Rp 4 ribuan ini artinya standar,” ucap dia.

Kalau cabai hijau kini juga harganya biasa yaitu Rp 16 ribu per kg, cabai rawit Rp 35 ribu, bawang merah India Rp 10 ribu, bawang merah Jawa 24 ribu, bawang putih Rp 55 ribu, kentang bukit tinggi Rp 18 ribu, wortel Rp 12 ribuan.

”Kalau untuk beberapa sayur-mayur ini belum mengalami kenaikan,” sebut dia.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here