Gelar Karnaval, Libatkan Paguyuban

0
1054
KARNAVAL: Salah satu peserta karnaval tampil di depan masyarakat di acara FBK di Tanjungpinang, baru-baru ini.f-suhardi/tanjungpinang pos

Gempita event wisata batam di akhir tahun

Sinergi Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam membangun Batam makin kelihatan. Sektor wisata menjadi perhatian bersama di akhir tahun ini dengan menggelar karnaval.

BATAM – DI penghujung tahun ini, Pemko dan BP Batam akan menggelar karnaval di waktu dan tempat berbeda. Pemko Batam menggelar karnaval dalam rangka HUT Kota Batam ke-188 pada 18 Desember 2017 sekaligus diharap dapat meningkatkan kunjungan wisman. Sementara BP Batam menggelar karnaval dalam mendukung peningkatan pariwisata menjelang akhir tahun. Sebagaimana disampaikan Wali Kota Batam, HM Rudi, Jumat (8/12) di Batam, karnaval melibatkan OPD dan payuguban di Batam. Kegiatan akan berlangsung hingga malam.

Dimana, karnaval budaya dengan pakaian adat itu akan dimulai atau start dari simpang BNI Sei Panas, menuju Engku Putri. Sementara malamnya akan ada hiburan yang mendatangkan salah satunya Amigos Band.

Baca Juga :  Kerukunan Kepri Jadi Modal Kepariwisataan

”Ayo, nanti diramaikan. Silahkan bapak/ibu hadir. Malamnya ada acara hiburan sampai jam 23.00 WIB,” kata Rudi di hadapan kader posyandu Kecamatan Bengkong dan Batuampar.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Pemko Batam, Yudi mengatakan, kegiatan karnaval dan panggung hiburan malam, merupakan event semarak Batam madani dalam rangka HUT.

Kegiatan akan diawali upacara Hari Jadi Kota Batam, sebelum karnaval seni, budaya dan tarian Melayu beserta berbagai etnis dan paguyuban se-Kota Batam.

Fashion Karnaval diakui sejenis fashion artchipelagic Carnaval yang mengangkat tematik Batam dan Kepri. Mengambil start di Depan Hotel Sidney Sungai Panas-Bundaran Madani- dan finish di Datatan Engku Putri. Selama satu hari penuh dilanjutkan dengan ‘live performance’ dari artis lokal dan seni budaya nusantara.

”Didukung dengan gerai produk serba Rp 188 ribu dan disajikan kuliner gratis sebanyak 188 makanan khas Indonesia dan berbagai doorprize menarik,” bebernya.

Baca Juga :  Tiket Pesawat Lebih Murah Transit di Singapura

Di pihak lain, dua hari sebelumnya, BP Batam akan menggelar karnaval seni budaya Melayu dan Nusantara. Sekaligus digelar juga wisata kuliner, yang menyajikan masakan khas nusantara. ”Harapanya, Batam bisa menjadi kota yang mendunia. Sehingga banyak dikenal wisatawan,” harapnya.

Mereka ingin Batam tidak hanya dikenal sebagai kota investasi di bidang industri, namun juga untuk wisata. ”Investor bisa datang ke sini, tidak hanya urus usaha, tapi wisata. Jadi wisata juga bisa mendukung investasi,” harapnya.

BP menjadikan karnaval itu sebagai agenda pariwisata tahunan. Sehingga ke depan menjadikan Batam sebagai destinasi wisata, baik dari seni budaya, kuliner dan olah raga. ”Sehingga Batam ke depan yang aman dan nyaman sebagai tempat untuk investasi dan pariwisata, lebih dikenal dunia,” sambungnya.

Sebelumnya, Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan festival akhir tahun yang mereka gelar, juga untuk mendukung peringatan HUT Batam ke-188. ”Selain itu, ya untuk menggairahkan ekonomi dan juga untuk menarik turis asing di penghujung tahun,” katanya.

Baca Juga :  Stok Sembako Masih Terkendala Pelabuhan

Andi menyebut festival ini akan diisi oleh kegiatan budaya dari seluruh nusantara. Konsepnya mirip dengan festival budaya yang tiap juga digelar di Jember, Jawa Timur. ”Yang diundang adalah seniman karnaval dari Indonesia dan juga mancanegara,” ujar Andi.

Adapun parade karnaval yang akan ditampilkan antara lain parade karnaval Sangsapurba, Tepak Sirih, Regalia atau Cogan, Makyong, Jong, Seafood Paradise dan parade kesenian nusantara. ”Festival ini juga akan diisi oleh tari-tarian Melayu dan sejumlah tarian nusantara lainnya,” tambahnya.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here